Peneliti Sarankan Sinyal Lalu Lintas Saat Ini Perlu Lampu Putih Tambahan, Ini Alasannya

Ilustrasi. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Penelitian mutakhir yang dilakukan oleh para insinyur transportasi di North Carolina State University menyimpulkan bahwa menambahkan “lampu putih” ke sinyal lalu lintas akan memungkinkan Kendaraan Otonom (AV) membantu mengendalikan arus lalu lintas dan memberi tahu pengemudi manusia siapa yang harus diikuti.


Dilansir dari Gizmochina, Minggu (12/2/2023), penelitian ini menggunakan simulasi komputasi untuk mengetahui cara kendaraan self-driving dapat membantu meningkatkan waktu perjalanan secara signifikan melalui persimpangan dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Para peneliti menamai konsep baru ini sebagai ‘persimpangan fase putih’ di mana daya komputasi AV akan digunakan untuk menavigasi dan memprediksi arus lalu lintas di persimpangan.

Di bawah konsep fase putih, semua AV di area tertentu seperti persimpangan atau sinyal lalu lintas akan berkomunikasi secara nirkabel satu sama lain. Mereka secara bersamaan juga akan berkomunikasi dengan komputer utama yang mengendalikan sinyal lalu lintas. Komputer utama akan mengumpulkan dan menganalisis semua data dan ketika cukup banyak AV mendekati persimpangan, itu akan mengaktifkan Cahaya Putih pada sinyal.


Begitu Anda melihat Cahaya Putih pada sinyal, Anda akan tahu bahwa ada banyak AV di persimpangan Anda dan mereka mengoordinasikan pergerakannya untuk memfasilitasi arus lalu lintas yang optimal dan efisien. Ini adalah informasi penting untuk kendaraan non-otonom yang dikemudikan oleh manusia karena saat lampu lalu lintas menunjukkan Cahaya Putih, pengemudi hanya perlu mengikuti kendaraan di depannya untuk mendapatkan arus lalu lintas terbaik, yang akan menghemat waktu dan bahan bakar.

Pada dasarnya, penelitian menunjukkan bahwa AV akan mengumpulkan data tentang lalu lintas, lokasi, medan, dan variabel lain satu sama lain, lalu memetakan arus lalu lintas terbaik. Pengemudi manusia hanya perlu mengikuti AV. Intinya saat melihat lampu putih ikuti saja kendaraan di depan Anda. Jika berhenti, Anda berhenti. Jika pergi, kamu pergi. Jika kendaraan di depan Anda melewati persimpangan tersebut, maka Anda juga melewati persimpangan tersebut.


Ketika sebagian besar kendaraan di persimpangan digerakkan oleh manusia dan hanya beberapa AV yang berada di dekat area tersebut, sinyal lalu lintas akan kembali ke pola hijau-kuning-merah konvensional.

Untuk mengetahui kemanjuran fase putih, peneliti menggunakan simulator lalu lintas mikroskopis yang dirancang khusus. Simulator ini adalah model komputasi rumit yang dirancang untuk mereplikasi lalu lintas dunia nyata, hingga ke perilaku masing-masing kendaraan. Dengan menggunakan simulator ini, para peneliti dapat membandingkan perilaku lalu lintas di persimpangan dengan dan tanpa fase putih, serta bagaimana jumlah AV yang terlibat memengaruhi perilaku tersebut.


Peneliti menemukan bahwa AV membantu meningkatkan arus lalu lintas. Namun, ada tangkapan. Konsep fase putih tidak membuat banyak perbedaan jika jumlah AV lebih sedikit. Studi ini menunjukkan bahwa jika AV hanya menyumbang 10 hingga 30% dari total kendaraan di persimpangan fase putih, maka Anda hanya akan melihat peningkatan kecil dalam arus lalu lintas. Namun, seiring bertambahnya jumlah AV, manfaatnya juga berlipat ganda.

Konsep baru Persimpangan Fase Putih masih dalam tahap awal. Ini akan memakan waktu bertahun-tahun sebelum AV dapat mengadopsi pendekatan komputasi distribusi untuk lalu lintas dan akan membutuhkan lebih banyak waktu bagi pemerintah untuk mengadopsi lampu putih baru pada sinyal lalu lintas.

Namun karena semakin banyak perusahaan dan industri memasuki sektor penggerak otonom, masa depan pasti terletak pada perencanaan skenario di mana kita akan memiliki lebih banyak mobil tanpa pengemudi di jalan raya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *