Pendaftar BPUM Tahap 2 Capai 211.000, Sudah Terseleksi 158.368 Pelaku Usaha

Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) tahap 2.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pendaftaran program bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) tahap 2 sudah ditutup per 26 November lalu. Hingga pendaftaran ditutup, total ada 211.000 pelaku usaha yang mendaftar untuk mendapatkan bantuan modal usaha Rp2,4 juta. Membeludaknya pelaku usaha yang mengajukan permohonan karena proses pendaftarannya cukup mudah dengan cara online mengisi “google form”.



“Ada proses seleksi dan juga verifikasi. Saat ini sudah terseleksi sebanyak 158.368 pelaku usaha. Tapi, yang menentukan pelaku usaha tersebut lolos mendapatkan bantuan pemerintah pusat,” terang Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Sutarmo, Senin (30/11/2020).

Dikatakan Sutarmo, pelaku usaha mikro hasil seleksi kemudian diserahkan ke pemerintah pusat. Soal kapan pengumumannya, Sutarmo belum bisa memastikannya karena menjadi kewenangan pemerintah pusat. Pelaku usaha yang dinyatakan lolos, ujar Sutarmo, langsung mendapatkan pemberitahuan lewat SMS ke masing-masing pelaku usaha dan tidak melalui dinas.

Sutarmo mengaku peminat program tersebut untuk tahap 2 lebih banyak dibandingkan pendaftar tahap 1 yang hanya mencapai puluhan ribu. Meski begitu, pelaku usaha yang lolos di tahap 1 belum sesuai kuota yang diinginkan pemerintah pusat sehingga program dibuka lagi untuk tahap 2.

Seperti diketahui, pendaftaran BPUM tahap 2 sudah dibuka sejak pertengahan Oktober lalu dan berakhir pada 26 November lalu. Nantinya, pelaku usaha yang lolos verifikasi akan menerima bantuan modal usaha sebesar Rp2,4 juta. Bantuan tersebut bersifat hibah dan bukan pinjaman.

“Kalau sudah selesai proses verifikasinya pasti diumumkan dan yang lolos akan mendapat pemberitahuan. Ditunggu saja,” ujar Sutarmo. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed