Ragam  

Pemulihan Ekonomi Daerah, Bank Jateng Sukoharjo Gelontorkan Bantuan Rp2,6 Miliar

Secara simbolis Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Wakil Bupati Agus Santosa dan pejabat Forkopimda menyerahkan bantuan untuk UMKM dan masyarakat, Selasa (14/6/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Dalam upaya pemulihan ekonomi daerah di Provinsi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Sukoharjo, Bank Jateng menggelontorkan bantuan untuk masyarakat senilai Rp2,6 miliar. Sasaran bantuan selain pelaku UMKM juga masyarakat umum. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Auditorium Gedung Menara Wijaya, Selasa (14/6/2022).


Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Sukoharjo, RM Suseno Wijayanto, menyampaikan bahwa bantuan dari Bank Jateng tersebut disalurkan untuk 1.373 penerima. Bantuan diberikan untuk pelaku UMKM dan masyarakat lain yang membutuhkan.

“Bantuan dari Bank Jateng ini dalam upaya memulihkan ekonomi daerah,” ujar Suseno.

Untuk penerima bantuan sendiri terdiri atas rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 100 unit dimana masing-masing rumah menerima bantuan Rp15 juta, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) binaan Sanggar Inklusi sebanyak 599 anak dan masing-masing menerima Rp600 ribu, bantuan lansia 60 orang masing-masing Rp900 ribu, dan pelaku UMKM sebanyak 614 orang masing-masing mendapatkan Rp750 ribu.

“Total bantuan yang sudah disalurkan sebesar Rp2,3 miliar dan masih tersisa Rp227 juta yang akan disalurkan di tahap selanjutnya,” ujar Suseno.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, memberikan apresiasi kepada Pimpinan Bank Jateng Cabang Sukoharjo atas bantuan yang disalurkan tersebut. Menurutnya, pandemi corona dalam dua tahun ini telah membawa dampak yang luar biasa dalam perekonomian masyarakat dimana kondisi perekonomian berada di titik rendah.

“Pandemi corona telah melambatkan roda ekonomi bangsa Indonesia. Faktanya beragam sector bisnis harus mengalami kerugian, utamanya saat awal-awal pandemi bahkan banyak pula yang terpaksa gulung tikar,” ujar Etik.

Saat ini, lanjutnya roda ekonomi mulai bangkit kembali dimana salah satunya karena kreativitas yang memunculkan giat pada sektor UMKM. Kebangkitan sektor UMKM dapat berdampak dan mempercepat pemulihan ekonomi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pemberian bantuan tersebut.

Bantuan tersebut merupakan partisipasi dari sektor usaha yakni PT Bank Jateng dalam rangka membangkitkan kembali semangat UMKM dan mendorong untuk terus berupaya meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam rangka memulihkan perekonomian.

“Saya berharap, bantuan kepada UMKM dan masyarakat ini nanti mampu menggerakkan Kembali roda perekonomian sehingga mampu mewujudkan masyarakat Sukoharjo yang lebih Makmurm: ujar Etik. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *