Ragam  

Pemkab Sukoharjo Siap Usulkan Pembangunan Flyover Bundaran Tugu Kartasura

Pemkab Sukoharjo mengusulkan pembangunan flyover di Bundaran Tugu Kartasura, (Ilustrasi flyover: Fokusjambi.com)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Selama ini, flyover Kartasura masih sebatas wacana yang disampaikan untuk mengurai kemacetan di sekitar bundaran Tugu Kartasura. Namun, Pemkab Sukoharjo menanggapi serius wacana tersebut karena pembangunan flyover Kartasura tersebut akan diusulkan ke pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Diharapkan usulan tersebut bisa disetujui sehingga pembangunan bisa dilakukan.



“Kalau kemacetan di Kartasura bisa diatas dengan flyover, Pemkab tentu akan mengusulkannya ke pusat dalam hal ini Kementerian PUPR,” ujar Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Minggu (20/1).

Dikatakan Bupati, sebelum dilakukan usulan secara resmi ke pemerintah pusat, terlebih dahulu akan dilakukan kajian terkait kondisi arus lalu lintas di sekitar Bundaran Tugu Kartasura. Diakuinya, wacana flyover sendiri sudah muncul sejak akhie 2018 lalu. Wacana flyover muncul karena di kawasan tersebut selalu terjadi kemacetan. Pasalnya, bundaran tersebut merupakan segitiga emas pertemuan arus kendaraan dari Semarang, Yogyakarta, dan juga dari arah Solo.

Terkait usulan tersebut, Bupati mengaku sudah menginstruksikan dua OPD, yakni Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk melakukan persiapan termasuk melakukan kajian. “Dishub melakukan kajian lalulintas dan dDPUPR membuat kajian serupa dari sisi pembangunan dan penataan ruangnya. Nanti kajian tersebut dikirim ke pusat,” tandasnya.

Bupati berharap kajian yang dilakukan dua OPD tersebut bisa segera selesai dan dikirim ke pemerintah. Bupati menilai Bundaran Tugu Kartasura semakin krodit dengan adanya pintu tol di Ngasem, Kartasura. Untuk itu, pembangunan flyover merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Kartasura.

Sedangkan Kepala Dishub Sukoharjo Djoko Indrianto mengatakan, kondisi lalu lintas kendaraan di bundaran Kartasura sudah semakin padat dan menyebabkan terjadinya kemacetan. Kondisi tersebut harus segera dicarikan solusi secepatnya. Salah satu usulan yang muncul yakni dengan pembangunan flyover. Menurutnya, wacana yang muncul bukannya tiba-tiba, tapi datang dari berbagai pihak.

“Hari-hari biasa khususnya akhir minggu pasti macet. Belum lagi kalau libur panjang atau arus mudik Lebaran,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments