Pemilih Pemilu 2019 Mengalami Penurunan, Hasil Pleno KPU Perbaikan DPTHP 2

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan perbaikan DPTHP 2 KPU Sukoharjo kembali digelar Selasa (11/12) malam setelah ditunda gara-gara server.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo akhirnya menggelar rapat pleno terbuka trhadap Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP 2 pada Selasa (11/12) malam. Pleno kembali digelar setelah sempat ditunda karena msalah server. Dalam pleno tersebut, jumlah pemilih pemilu 2019 mengalami penurunan sebanyak 3.398 orang. Sesuai hasil pleno, dari sebelumnya DPTHP 2 sebanyak 672.944 pemilih, setelah dilakukan perbaikan turun menjadi 669.546 pemilih.

“Penurunan jumlah pemilih terjadi karena ada sinkronisasi data ganda masukan dari Bawaslu maupun partai politik,” terang Ketua Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Rabu (12/12).

Lebih lanjut diungkapkan Nuril, sesuai hasil pleno, jumlah pemilih laki–laki sebanyak 331.578 orang dan pemilih perempuan sebanyak 337.968 orang. Sehingga, total pemilih dalam perbaikan terhadap DPTHP 2 sebanyak 669.546. Sebelum pleno digelar, Nuril mengaku sudah melakukan pencermatan terhadap masukan dari Bawaslu maupun partai politik (parpol).

“Pencermatan dilakukan sebagai tindaklanjut terhadap masukan data pemilih ganda. Perbaikan dilakukan agar data pemilih untuk pemilu 2019 benar-benar valid,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu Bambang Muryanto mengatakan, Bawaslu belum meyakini data dari pleno tersebut sudah 100% klir. Pasalnya, dari pengalaman kabupaten/kota lain, masih terdapat data ganda atau invalid. Bambang membenarkan KPU memang sudah menyatakan semua rekomendasi yang diberikan sudah ditindaklanjuti.
Namun, Bawaslu sendiri belum melakukan cek ke lapangan.

“Kami belum mendapatkan data “by name” yang masuk dalam Sidalih KPU. Setelah Pleno DPTHP 2 kami akan melakukan pencermatan,” ujarya.

Bambang juga mengatakan, pemilih adalah mahkota pemilu dan sangat penting. Jika data pemilih tidak akurat dan mutakhir dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Hal itulah yang diantisipasi Bawaslu. Bambang berharap tidak ada lagi data ganda atau invalid. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments