Ragam  

“Pasukan Oranye” DLH Sukoharjo Terima Bantuan Beras dari Baznaz, Simbolis Diserahkan Bupati

Secara Simbolis Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan beras dan santunan kepada petugas kebersihan, Rabu (26/6/2024).

Sukoharjonews.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, “pasukan oranye” atau petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendapatkan bantuan beras dari Baznas Sukoharjo. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati Etik Suryani di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Rabu (26/6/2024).


Kepala DLH Sukoharjo, Agus Suprapto, menyampaikan, penyaluran bantuan beras dan santunan kepada petugas yang tidak mampu diberikan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024. Pentasyarufan zakat tersebut berasal dari Baznas Sukoharjo.

“Petugas penyapu jalan, petugas pengangkut sampah, petugas pemrosesan akhir sampah, dan petugas taman adalah pahlawan kebersihan di Kabupaten Sukoharjo,” ungkap Agus.

Menurutnya, setiap petugas menerima bantuan beras 10 kilogram (kg) dan juga santunan Rp100 ribu. Diharapkan, bantuan dan santunan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para petugas kebersihan.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan jika tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 adalah ”Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Tema tersebut menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusvitas.


“Prinsip keadilan ini menekankan manfaat dari pemulihan lahan harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim,” ujarnya.

Tiada yang dapat kami ungkapkan selain ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah berperan dan melakukan upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Sukoharjo. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas Sukoharjo khususnya kepada muzaki atau pembayar zakat, infaq dan shodaqoh dan melalui Baznas pada umumnya atas terlaksananya kegiatan pentasyarufan zakat dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 ini,” ujarnya.

“Mari kita jaga dan tingkatkan lagi pengelolaan sampah di Kabupaten Sukoharjo, sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan kita dalam rangka menjaga dan mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan bebas plastik demi keberlangsungan hidup anak cucu kita kelak,” tambah Bupati. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *