Pascabencana, Warga dan TNI Kerja Bakti Bersih-Bersih

Anggota TNI Koramil 03/Bulu bahu membahu bersama warga membersihkan longsoran yang menimpa rumah warga di di Dukuh Dranjang, Desa Sanggang.

Sukoharjonews.com – Hujan deras tidak lagi turun dalam beberapa hari terakhir. Kondisi tersebut membuat banjir yang melanda sejumlah wilayah telah surut. Dengan berhentinya hujan dan surutnya banjir, menyisakan pekerjaan rumah bagi warga untuk melakukan bersih-bersih rumah dan lingkungan. Untuk meringankan beban warga, anggota TNI pun turun tangan membantu warga kerja bakti.

Dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Jumat (01/12), kerja bakti dilakukan di Kecamatan Bulu dan Grogol. Untuk Kecamatan Bulu, anggota Koramil bahu membahu bersama warga membersihkan longsoran tanah yang menimpa rumah warga. Salah satu rumah warga yang jadi korban tanah longsor adalah rumah milik Suyitno, warga RT 01/02 Dukuh Dranjang, Desa Sanggang.

“Rumah tersebut tertimpa longsoran tanah dari bukit hingga menimbun pondasi rumah sampai tembok setinggi satu meter,” ungkap Babinsa Desa Sanggang Serka Didik.



Dalam kerja bakti tersebut, setidaknya diikuti sekitar 30 orang yang terdiri dari warga, kepala desa, perangkat desa, dan juga anggota TNI. Warga pun bahu membahu menggali longsoran tanah, lumpur yang menimpa rumah Suyitno. Seperti diketahui, terdapat beberapa rumah warga di Kecamatan Bulu jadi korban tanah longsor saat hujan deras mengguyur pada Selasa (28/11) lalu.

Terpisah, kegiatan serupa juga dilakukan anggota Koramil 09/Grogol yang terjun ke lapangan membantu warga korban banjir. Kegiatan diutamakan di lokasi-lokasi yang menjadi fasilitas umum seperti sekolah, dan lainnya. Salah satunya adalah SMPN 1 Grogol dimana anggota TNI membantu melakukan pembersihan kotoran, sampah dan lumpur sisa-sisa banjir.

Danramil 09/Grogol Kapten Inf Kurniawan Jayadi mengatakan, anggotanya terjun ke lapangan bersama siswa siswi dan guru di SMPN 1 Grogol membersihkan kotoran, lumpur dan sampah. “Selain sekolah, anggota juga membantu membersihkan akses jalan dan juga rumah warga,” ujar Danramil.


Warga bersama anggota TNI Koramil 09/Grogol melakukan kerja bakti membersihkan akses jalan yang tertutup lumpur di Dukuh Nusupan, Grogol.

Menurutnya, anggota TNI dibagi menjadi dua kelompok karena kerja bakti dilakukan di lokasi berbeda. Selain ke SMPN 1 Grogol, anggota TNI juga melaksanakan kerja bakti membantu masyarakat dan membersihkan rumah Suyatmi, warga Dukuh Nusupan RT 04/05 Desa Kadokan, Grogol.

“Sasaran kerja bakti juga menyasar pembersihan lumpur yang masih tertinggal di akses jalan yang sehari-hari dilalui masyarakat menghubungkan Dukuh Nusupan menuju jalan raya utama Gading menuju Kabupaten Sukoharjo,” paparnya.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan anggota TNI pascabanjir luapan Sungai Bengawan Solo sebagai upaya untuk membantu masyarakat agar dapat menjalankan aktivitas secara normal kembali. Selain itu, kegiatan juga merupakan kepedulian TNI dalam membantu masyarakat yang mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.