Pasar Tradisional Dituntut Bisa Bersaing

Pasar Ir Soekarno Sukoharjo kota menjadi salah satu pasar tradisional yang diharapkan menjadi daya tarik masyarakat untuk datang berbelanja setelah dibangun.

Sukoharjonews.com – Sebagian besar pasar tradisional di Kabupaten Sukoharjo sudah direhab oleh Pemkab. Untuk itu, dengan kondisi pasar yang lebih baik dituntut bisa bersaing dengan pasar modern yang ada. Pedagang dan pengelola harus bisa menjada kondisi pasar agar tetap nyaman.

“Kalau pasarnya bersih dan rapi, tentunya pasar akan nyaman sehingga pembeli juga tertarik untuk datang,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo Sutarmo, Kamis (12/10).

Sutarmo mengimbau pada pedang dan pengelola pasar untuk saling bekerjasama menjaga kondisi pasar. Baik itu kondisi kebersihan pasar, kerapian, dan lainnya. Dengan kondisi pasar yang nyaman, sangat besar kemungkinannya masyarakat tertarik datang dan berbelanja di pasar tradisional. “Saat ini pasarnya sudah tidak kumuh lagi. Tinggal bagaimana pedagang dan pengelola menjaganya agar tetap bersih,” tegas Sutarmo.

Selama ini, ujarnya, Pemkab Sukoharjo sudah membuktikan komitmennya untuk merehab pasar tradisional. Mulai dari Pasar Ir Soekarno, Pasar Mojolaban, Pasar Jamu Nguter, Pasar Tawangsari, Pasar Gawok, Pasar Telukan, Pasar Grogol, dan lainnya.

Dalam kesempatan berbeda, Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya SH MH juga menyatakan harapannya agar para pedagang pasar tradisional selalu menjaga kebersihan, ramah dan murah senyum dalam berjualan. Dikatakan Wardoyo, pedagang pasar tradisional harus mampu bersaing dengan pasar modern dengan cara menampilkan barang daganganya yang bagus dan memberi pelayanan terbaik. Keberadaan pasar tradisional bagi masyarakat Sukoharjo sangat penting dan strategis.

“Dalam rangka menjaga pasar tradisional tetap hidup, Pemkab juga telah membuat kebijakan dengan membatasi pembangunan pasar modern. Termasuk melakukan penutupan pasar modern yang tidak berizin,” tambahnya. (erlano putra).

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.