Ragam  

Pasar Murah Komunitas Srikandi, Sembako Rp70.000 Dijual Rp30.000

Komunitas Srikandi Indonesia saat menggelar pasar murah sembako di Lapangan Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Sabtu (16/2).

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Berbagai cara bisa dilakukan oleh elemen masyarakat yang ingin berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti yang dilakukan Komunitas Srikandi Indonesia yang menggelar pasar murah di Lapangan Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, Sabtu (16/2). Dalam kegiatan itu, sembako seharga Rp70.000 dijual dengan harga Rp30.000. Sebanyak 2.000 paket sembako yang dijual dalam kegiatan pasar murah tersebut.



“Salah satu program Komunitas Srikandi Indonesia adalah kegiatan sosial seperti pengobatan gratis dan pasar murah seperti yang dilakukan hari ini,” ujar Ketua Komunitas Srikandi Indonesia Yanti Rukmana.

Khusus untuk pasar murah, komunitas menyediakan 16.000 paket sembako yang akan dijual di lokasi berbeda. Tiap lokasi penjualan akan diberi kuota tertentu. Rencananya, pasar murah akan digelar mingguan tiap hari Sabtu dengan lokasi dari satu desa ke desa yang lain di wilayah Solo Raya. Kegiatan pasar murah di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari tersebut merupakan kegiatan pertama.

Menurut Yanti, pasar murah dipusatkan di Lapangan Desa Dalangan. Meski begitu, tiap desa di Kecamatan Tawangsari diberi kuota untuk pendistribuan kupon pasar murah dengan sasaran warga kurang mampu. Khusus untuk pasar murah Tawangsari, komunitas menjual sebanyak 2.000 paket sembako. Tiap paket berisi 5 kilogram (kg) beras, 1 liter minyak, dan 1 kg gula pasir yang dijual Rp30.000. Harga normal di pasaran dengan tiga item sembako tersebut sekitar Rp70.000.

“Tujuan yang utama dari komunitas adalah memberdayakan perempuan dengan melakukan pembinaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan juga misi sosial yang akan digelar secara rutin. Rencananya, pasar murah kedua akan digelar di Kabupaten Karanganyar,” tambah Yanti.

Sejumlah warga yang datang untuk membeli sembako di Lapangan Desa Dalangan mengaku gembira. Pasalnya, harga sembako sangat murah. Seperti diungkapkan warga Dukuh Dalangan Irianingsih yang mengaku terbantu dengan harga sembako yang murah tersebut. “Ya senang mas, harganya jauh dibawah harga pasangan. Hanya beras saja sudah sekitar Rp50.000, belum minyak dan gula pasir,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments