Pasang Baliho Unik dan Menggelitik, Upaya Satlantas Tekan Angka Kecelakaan

Balih imbauan Satlantas Polres Sukoharjo yang cukup unik dan menggelitik di Jalan Raya Telukan-Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Sukoharjo tak henti-hentinya berusaha menekan angka kecelakaan lalulintas. Berbagai usaha dan upaya telah dilakukan. Mulai sosialisasi ke sekolah-sekolah, membagikan pamflet tertib berlalulintas, dan lainnya. Yang terbaru adalah memasang baliho unik dan menggelitik di pinggir jalan raya.



Baliho unik tersebut terlihat di Jalan Raya Telukan-Sukoharjo dimana Satlantas memasang baliho dengan kata-kata yang menyasar anak muda. Hal itu terlihat dari kata-kata yang digunakan. Baliho tersebut bertuliskan “Cukup Atimu Sing Ambyar Awak lan Motormu Aja Nganti Melu Ambyar Ana Ndalan. Eling Ragat Rumah Sakit Yo Larang.” Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, imbauan tersebut berarti “Cukup Hatimu Yang Hancur, Tubuh dan Motormu Jangan Sampai Ikut Hancur di Jalan. Ingat Biaya Rumah Sakit Mahal.”

“Pemasangan baliho dengan kata-kata berbahasa Jawa tersebut memang sengaja kami lakukan. Tujuannya untuk mengingatkan para pengguna jalan raya utamanya anak muda agar tertib berlalulintas,” ujar Kasat Lantas Polres Sukoharjo, AKP Marwanto, Jumat (24/1/2020).

Menurutnya, terkait dengan tulisan baliho tersebut memang didesain sedemikian rupa dengan mengikuti tren yang ada saat ini. Pasalnya, jika imbauan yang diberikan hanya normatif dan datar-datar saja, dia yakin tidak akan menarik perhatian masyarakat. Marwanto mengaku hal itu merupakan bagian dari strategi Satlantas untuk mengingatkan masyarakat, khususnya pengguna jalan agar selalu tertib berlalu lintas dan berhati-hati.

Dia juga mengatakan, dengan pemasangan baliho berisi imbauan tersebut masyarakat akan lebih hati-hati di jalan raya. Marwanto mengaku, jalur yang dipasangi imbauan “ambyar” tersebut merupakan salah satu jalur rawan kecelakaan di Sukoharjo. Terkait dengan angka kecelakaan sendiri, Kasatlantas mengatakan, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Di antaranya faktor kelalaian manusia atau pengendara. Salah satunya, pengendara tidak fokus saat di jalan raya karena menggunakan handphone. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed