Pakai Aplikasi Sihalal, Daftar Sertifikasi Halal Diklaim Mudah dan Murah

Workshop aplikasi Sihalal. (Foto: Kemenag)

Sukoharjonews.com (Bogor) – Sistem Informasi Halal (Sihalal) diterapkan untuk proses sertifikasi halal oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag). Sihalal sendiri aplikasi layanan Sertifikasi Halal berbasis web yang dapat diakses pada perangkat desktop atau mobile sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat.


“Aplikasi Sihalal ini ditujukan untuk memudahkan pelaku usaha dalam mengurus sertifikasi halal. Dengan aplikasi ini, pengurusan sertifikat halal menjadi mudah dan murah,” ungkap Kepala BPJPH Aqil Irham saat membuka Workshop Aplikasi Sihalal, di Kota Bogor, dikutip dari laman Kemenag, Minggu (12/6/2022).

Menurutnya, masyarakat tidak perlu repot-repot bawa berkas ke BPJPH untuk urus sertifikasi halal atau pun jauh-jauh pergi ke Jakarta. Pasalnya, masyarakat cukup menggunakan gadget yang dilengkapi jaringan internet sudah bisa melakukan pendaftaran sertifikasi halal.

Transformasi digital layanan sertifikasi melalui Sihalal juga diharapkan dapat mempercepat pengembangan ekosistem halal di Indonesia. “Karena mudah dan murah, kami berharap seluruh pelaku usaha dapat segera mendaftar. Karena amanah undang-undang, pada 2024 seluruh produk sudah tersertifikasi halal,” katanya.

Aqil menambahkan, dalam rangka mengakselerasi sertifikasi halal, tahun 2022 ini BPJPH menggulirkan Program Sertifikasi Halal Gratis atau Sehati untuk 10 juta Produk UMK Bersertifikat Halal.

Sehati merupakan program sinergis-kolaboratif antara BPJPH Kemenag dengan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, instansi dan pihak swasta untuk memberikan fasilitasi pembiayaan sertifikasi halal bagi UMK.

“Ini perlu dimanfaatkan pelaku usaha. Manfaatkan peluang ini, segera sertifikasi produk-produk yang dimiliki,” tandas Aqil.

Workshop Aplikasi Sihalal di Kota Bogor ini menjadi kegiatan ketiga yang dilaksakanakan BPJPH sepanjang 2022. Sebelumnya, workshop ini juga telah dilaksanakan di Banten dan Bandung. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.