Orangtua Siswa SMAN 1 Bulu Keluhkan Sumbangan Untuk Pembelian Gamelan

Ilustrasu gamelan.

Sukoharjonews.com (Bulu) – Edaran dari sekolah membuat orang tua siswa SMAN 1 Bulu mengeluh dan menyatakan keberatan. Rupanya, edaran dari sekolah tersebut berisi pemberitahuan agar orang tua siswa membayar uang sumbangan untuk pembelian seperangkat gamelan. Dalam surat edaran tersebut sekaligsu dilampiri surat pernyataan kesanggupan untuk membayar dengan nominal yang sudah ditentukan sehingga orang tua siswa diminta untuk memilih nominal yang tercantum.



Dari informasi yang berhasil dihimpun, Intinya, edaran pembayaran tersebut meminta orang tua siswa memberikan sumbangan secara sukarela untuk pembiayaan investasi seperangkat gamelan. Nominal sumbangan yang tertera dalam surat edaran mulai Rp600 ribu, Rp800 ribu, Rp1 juta, Rp1,2 juta, hingga Rp1,5 juta. Pembayaran sumbangan untuk pembelian seperangkat gamelan tersebut merupakan awalnya muncul saat Kepala Sekolah memaparkan program kerja SMAN 1 Bulu saat rapat pleno orangtua/wali peserta didik, Jumat (30/8).

Salah satu orang tua siswa, Widodo mengaku keberatan dengan nominal sumbangan yang sudah ditentukan tersebut. “Kalau disebut sukarela, seharusnya tidak perlu dicantumkan nominalnya dalam surat edaran. Kalau sudah ada pilihannya berarti tidak sukarela lagi namanya,” ujarnya.

Widodo mengaku tahu ada surat edaran tersebut setelah diberitahu istrinya. Dalam rapat pleno tersebut istrinyalah yang datang karena dirinya tengaj diluar kota. Saat itu, istrinya belum mengisi surat kesanggupan pembayaran saat diberi oleh pihak sekolah saat rapat. Orang tua siswa lainnya, Sunardi juga mengaku hal yang sama. Sunardi mengaku kaget ketika menerima surat edaran tersebut.

“Saya juga tidak datang rapat, soal pembayaran itu tahu dari orang tua siswa yang lain,” ujarnya.

Sunardi mengaku jika informasi tersebut benar, dirinya juga keberatan. Pasalnya, jumlah sumbangan yang sudah ditentukan justru terkesan pemaksaan. Hal itu diperkuat dengan adanya surat kesanggupan akan membayar lunas sebelum 19 Desember dan menyatakan tidak ada paksaan atau sukarela. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed