Oppo Reno8 vs Oppo Reno8 Pro, Perbandingan Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Oppo Reno8 vs Oppo Reno8 Pro. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Dua bulan setelah rilis resmi di China, Seri Reno8 juga resmi di pasar global. Perjalanan global lineup baru dimulai dari pasar India, yang merupakan pasar terbesar bersama China. Sementara di China seri ini terdiri dari tiga varian, hanya dua varian yang debut di pasar global: Oppo Reno8 dan Oppo Reno8 Pro.


Dikutip dari Gizmochine, Selasa (26/7/2022), yang pertama adalah perangkat yang sama dengan yang terlihat di China, sedangkan yang terakhir adalah rebrand dari varian Chinese Pro Plus. Sebaliknya, varian pro untuk China dengan Snapdragon 7 Gen 1 tidak masuk ke pasar global karena alasan yang tidak diketahui. Banyak orang bertanya-tanya apa perbedaan antara versi vanilla dan versi pro di pasar global. Berikut perbandingan spesifikasi Oppo Reno8 Global dengan Oppo Reno8 Pro Global.

Desain
Meski Oppo Reno8 Pro paling mahal dan dibangun dengan material premium, sekilas Oppo Reno8 vanilla terlihat lebih cantik. Ini memiliki modul kamera yang lebih kecil, dimensi yang lebih ringkas, dan pilihan warna gradien yang sangat menarik. Namun, jika digali lebih dalam, Anda akan menemukan bahwa Oppo Reno8 Pro terlihat sangat premium.

Itu dibangun dengan kaca belakang (dilindungi oleh Corning’s Gorilla Glass 5) dan bingkai aluminium, dan dilengkapi dengan rasio layar terhadap bodi yang lebih tinggi dibandingkan dengan versi vanilla, tetapi dimensinya lebih besar, jadi ini adalah perangkat yang lebih sulit untuk digunakan dengan satu tangan atau disimpan di saku. Kedua ponsel dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass 5 untuk kaca depan, mereka datang dengan batas datar seperti iPhone terbaru, dan mereka tidak memiliki jack audio.


Penampilan
Layar tercanggih menjadi milik Oppo Reno8 Pro Global, meski panelnya tidak setingkat dengan Oppo Find X5 Pro. Varian Pro hadir dengan layar AMOLED dengan diagonal 6,7 inci dan perlindungan Gorilla Glass 5. Layarnya mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2412 piksel, refresh rate 120 Hz, sertifikasi HDR10+, dan kecerahan hingga 950 nits.

Versi vanilla memiliki layar 6,4 inci yang lebih kecil dengan kecepatan refresh 90 Hz yang lebih rendah, kecerahan puncak 800 nits yang lebih rendah, dan tidak dapat menampilkan satu miliar warna tetapi berhenti pada 16 juta. Ponsel ini dilengkapi dengan pemindai sidik jari dalam layar, tetapi varian Pro adalah satu-satunya yang dilengkapi dengan speaker stereo.

Spesifikasi & Perangkat Lunak
Keunggulan penting dari Oppo Reno8 Pro Global jelas terletak pada departemen perangkat kerasnya, berkat chipset unggulannya. Ini didorong oleh platform seluler Dimensity 8100 Max oleh MediaTek yang dibangun pada 5 nm dan menggunakan arsitektur octa-core. Ini terdiri dari empat CPU Cortex A78 yang berjalan pada frekuensi maksimum 2,85 GHz, empat CPU Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz, dan GPU Mali G610 MC6. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 12 GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 256 GB.

Oppo Reno8 vanilla memiliki chipset Mediatek Dimensity 1300 yang lebih rendah yang dibangun pada 6 nm dengan arsitektur octa-core yang terdiri dari satu CPU Cortex A78 yang berjalan pada frekuensi maksimum 3 GHz, tiga CPU Cortex A78 yang berjalan pada 2,6 GHz, empat CPU Cortex A55 yang berjalan pada 2 GHz, dan GPU Mali G77 MC9. Handset ini menjalankan Android 12 di luar kotak, disesuaikan dengan ColorOS 12.1.


Kamera
Kamera kedua perangkat ini sama persis, namun Oppo Reno8 Pro Global mampu memberikan performa kamera yang lebih tinggi berkat kehadiran NPU MariSilicon X, NPU berpemilik yang sama yang ditemukan pada Oppo Find X5 dan OPPO Find X5 Pro, meningkatkan kualitas foto dan video dengan kondisi cahaya rendah.
Selebihnya, keduanya sama: mereka menggunakan tiga kamera belakang dengan sensor utama Sony IMX766 50 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP, serta kamera selfie 32 MP yang merekam video dengan resolusi 1080p. resolusi.

Baterai
Baterai kedua perangkat ini sama, dengan struktur sel ganda dan berkapasitas 4500 mAh, serta teknologi pengisian cepat 80W yang membuat baterai ini terisi dari 0 hingga 100 persen hanya dalam 28 menit. Harapkan daya tahan baterai yang serupa, tetapi varian Pro dapat bertahan lebih lama dalam beberapa skenario karena chipsetnya yang lebih efisien.


Harga
Harga Oppo Reno8 Pro di pasar India secara kasar berkisar USD567 atau sekitar Rp8,5 jutaan, sedangkan versi vanilla dihargai USD480 atau sekitar Rp7,1 jutaan. Jadi, varian pro menawarkan beberapa keunggulan: tampilan yang lebih baik, kinerja kamera yang unggul, perangkat keras yang lebih baik, dan speaker stereo. Mana yang akan Anda pilih? (nano)

Oppo Reno8 Global vs OppoReno8 Pro Global: Kelebihan dan Kekurangan

Oppo Reno8 Global
Kelebihan:
– Lebih terjangkau
– Lebih kompak
– Pengisian cepat 80W seperti model kelas atas
– Varian warna yang lebih menarik

Kekurangan:
– Chipset lebih rendah

Oppo Reno8 Pro
Kelebihan:
– Chipset yang lebih baik
– MariSilicon X NPU
– Tampilan yang lebih baik
– Tampilan lebih lebar
– Speaker stereo

Kekurangan:
– Harga


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *