Ragam  

Ojo Piknik Sik Lur, Tempat Wisata Sukoharjo Do Ditutup

Beberapa tempat wisata ditutup karena menimbulkan kerumunan dan pelanggaran prokes dengan tidak memakai masker., Minggu (16/5/2021).

Sukoharjonews.com (Bulu) – Libur Lebaran dimanfaatkan masyarakat untuk mendatangi sejumlah tempat wisata di Sukoharjo. Kondisi tersebut otomatis membuat tempat wisata penuh oleh masyarakat sehingga menimbulkan kerumunan. Atas kondisi tersebut, tiga tempat wisata di Sukoharjo sebelah selatan terpaksa ditutup sementara. Masing-masing Gunung Sepikul, Batu Seribu, dan Gunung Pegat.



“Beberapa tempat wisata di Kecamatan Bulu ditutup karena terjadi pelanggaran protokol kesehatan. Sering terjadi kerumunan dan juga pengunjung tidak memakai masker,” ungkap Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo, Minggu (16/5/2021).

Selama libur Lebaran ini, lanjut Heru, petugas Satpol PP melakukan patroli dan memantau di kawasan wisata yang ada terkait prorokol kesehatan. Sesuai aturan pengelola objek wisata wajib menerapkan protokol kesehatan salah satunya untuk mengantisipasi kerumunan massa dengan membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari kapasitas.

Penutupan Gunung Sepikul dibenarkan oleh Kepala Desa (Kades) Tiyaran, Sunardi. Menurutnya, pengelola mengikuti kebijakan Pemkab Sukoharjo dengan menutup wisata Gunung Sepikul dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona.

Sunardi mengakui selama libur Lebaran ini terjadi lonjakan pengunjung sehingga lokasi penuh. Hal senada diungkapkan Kepala Desa (Kades) Karangasem, Bambang Winarno yang mengaku jumlah pengunjung di Gunung Pegat naik hingga 200% selama libur Lebaran ini. Menurutnya, pengelola sendiri sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat selama tempat wisata dibuka saat libur Lebaran.

Terkait prokes tempat wisata juga menjadi perhatian Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas dan Dandim Letkol In Agus Adhy Darmawan yang terlihat mengunjungi Gunung Sepikul dan Batu Seribu. Dalam kunjungan tersebut menyepakati penutupan sementara objek wisata karena menimbulkan kerumunan massa. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.