Nama Kades Pranan Digunakan Untuk Menipu, Sejumlah Warga Jadi Korban

Waspada penipuan. ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Polokarto) – Penipuan dengan modus lama kembali muncul dan nama Kepala Desa (Kades) Pranan, Polokarto, Jigong Sarjanto yang digunakan untuk menipu. Meski modus lama, kasus penipuan dengan mengatasnamakan Kades Pranan tersebut tetap saja memakan korban. Ada sejumlah warga yang terlanjur mentransfer uang ketika seseorang yang mengatasnamakan Kades Pranan meminta bantuan untuk dikirimi uang karena ada urusan mendadak.



Kasus penipuan tersebut terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Penipu menggunakan sebuah nomor handphone dimana nomor tersebut diberi profil bergambar Kades Pranan bersama putrinya. Setelah itu, pelaku menghubungi sejumlah warga Pranan yang merupakan tetangga Kades Pranan. Pelaku mengaku sebagai Kades Pranan dan minta untuk dikirimi uang karena ada kebutuhan yang mendesak. Warga yang dihubungi percaya karena nomor yang digunakan ada profil sang kades.

Tanpa konfirmasi dulu, beberapa warga langsung mengirimkan uang ke rekening yang diberikan oleh pelaku. Penipuan baru terungkap setelah salah satu kolega Kades Pranan menanyakan apakah uang yang ditransfer sudah masuk ke rekening. Saat ditanya itulah Jigong bingung karena tidak merasa meminta untuk dikirimi uang. “Saat itu saya baru tahu kalau nama saya digunakan untuk meminta uang pada sejumlah warga. Dari penelusuran yang saya lakukan, ada yang sudah kirim yang Rp4 juta ke rekening pelaku,” ujar Jigong.

Jigong megaku akan melaporkan kasus penipuan yang mengatasnamakan dirinya tersebut. Menurutnya, selama ini dirinya tidak pernah meminta untuk dikirimi uang pada sejumlah warga. Jigong mengaku dirugikan karena namanya digunakan untuk menipu. Menurutnya, dari pelacakan yang dia lakukan, nomor dengan profil dirinya tersebut berada di Lampung. “Warga yang jadi korban penipuan sudah saya data termasuk mencatat nomor rekening yang digunakan pelaku,” ujar Jigong. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed