Musim Pendaftaran Sekolah, Permohonan Adminduk Membeludak

Permohonan pengurusan adminduk membeludak di Kantgor Dispendukcapil Sukoharjo, Selain musim pendaftaran sekolah, pemudik juga banyak yang melakukan pengurusan adminduk.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Permohonan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo mengalami lonjakan. Hal itu dikarenakan saat ini merupakan musimnya pendaftaran sekolah. Selain itu, warga perantauan yang tengah mudik saat Lebaran lalu juga melakukan pengurusan berkas terkait adminduk. Baik itu e-KTP, legalisir Kartu Keluarga (KK), dan lainnya.



“Selain untuk keperluan pendaftaran sekolah, banyak juga warga yang merantau dan tengah mudik menggunakan kesempatan untuk mengurus adminduk,” jelas Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita, Kamis (28/6).

Dikatakan Anita, peningkatan layanan adminduk terjadi sejak hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran lalu. Lonjakan tersebut berlanjut hingga saat ini. Pengurusan warga yang datang bervariasi. Mulai melakukan rekam data e-KTP, legalisir KK, mencetak e-KTP, dan lainnya.

Menurutnya, masyarakat yang mengajukan pengurusan adminduk tidak permintaan pelayanan adminduk meningkat hampir 100% dari hari biasa. Membeludaknya permintaan tersebut membuat antrean panjang di Kantor Dispendukcapil Sukoharjo. Meski begitu, semua permintaan masyarakat diupayakan tetap terlayani dengan baik.

“Salah satu pelayanan adminduk yang mengalami peningkatan yakni e-KTP. Apabila dalam satu hari pada hari biasa hanya ada pengajuan permohonan sekitar 400 orang, saat ini naik dua kali lipat. Banyaknya permohonan dari masyarakat membuat antrean panjang,” ujarnya.

Anita mengaku, saat ini stok blangko e-KTP masih terpenuhi. Begitupun dengan petugas yang memberikan pelayanan. Khusus untuk pencetakan e-KTP, Dispendukcapil berharap server induk pusat di Kementerian Dalam Negeri tidak ada hembatan. Pasalnya, semua data terpusat di server induk. Apabila terjadi gangguan, maka akan berpengaruh pada lambannya pelayanan pada masyarakat.

“Selama musim mudik Lebaran kami juga mempermudah pemudik secara umum dan khususnya pemudik yang sudah masuk dalam daftar antrean cetak e-KTP maka akam diprioritaskan dilayani sebab sudah saatnya cetak,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *