Motor Listrik Adventure Energica Experia, Spesifikasi Lengkap dan Harganya

Motor Listrik Adventure Energica Experia. (Foto: Ardiantoyugo)

Sukoharjonews.com – Motor listrik diprediksi akan menjadi kendaraan masa depan. Saat ini, pelaku industri otomotif pun mulai memproduksi seri motor bertenaga listrik meski belum secara massal. Salah satunya adalah Energica yang menghadirkan Energica Experia, sebuah motor adventure atau petualang dengan mesin listrik.


Dikutip dari Ardiantoyugo, Jumat (3/6/2022), Energica sendiri bukanlah sebuah perusahaan baru di industri sepeda motor listrik. Pabrikan asal Italia ini sudah sejak lama menghadirkan Energica Ego sebuah sportbike bertenaga listik dan bahkan saat ini menjadi motor tunggal yang digunakan pada ajang balap Grand Prix MotoE. Sedangkan Experia sendiri hadir dengan menggunakan teknologi platform Green Tourer. Sebuah konsep baru lagi yang diperkenalkan oleh Energica.

Dari sisi desain, Energica Experia electric ini memang sangat khas sebuah motor petualang . Memiliki body tinggi dan besar ditambah dengan adanya “windscreen” tinggi pada bagian atas. Terlihat pula duck fender pada bagian depan yang merupakan ciri khas utama sebuah motor petualang.

Energica juga sudah membekali motor dengan “top box” dan juga dua buah “side box”. Namun yang menarik adalah desain joknya menggunakan tipe “split seat” layaknya sportbike. Meskipun jarak ketinggian antara jok pengendara dan jok pemboncengnya tidak terlalu jauh. Jika melihat bagian depan, motor terutama di balik fairing, nampak kisi-kisi radiator yang cukup besar. Meski menggunakan mesin listrik motor ini juga menggunakan sistem pendinginan radiator agar lebih maksimal.

Fitur Energica Experia Electric
Untuk bagian fitur, Energica Experia yang paling mantap adalah menggunakan LCD digital TFT dengan layar 5 inci IPS sebagai panel meter. Dalam layar ini kita dapat memantai berbagai informasi lengkap termasuk dengan penggunaan riding mode. Terdapat empat mode berkendara yang dapat dipilih yakni Eco, Urban, Rain, dan juga Sport.

– Dasboard: 5” IPS 1000 nits bonded 848×480 TFT Color Display
– Vehicle Control Unit: Dual Microcontroller ARM Based
– Traction Control: Six levels of intervention combined with the existing eABS and the Cornering Bosch 9.3 MP
– Cruise Control: Cruise control system that uses the electronic brake to maintain speed and increase braking energy
– Riding Modes: 7 Profiles: Energica 1-4 (factory preset), Custom 1-3 (Customizable), 4 Riding – Modes: Eco, Urban, Rain, Sport, 4 Regenerative Modes: High, Medium, Low, Off
– Park Assistant: Forward and Reverse (Slow speed)


Sedangkan untuk bagian baterainya sendiri berkapasitas 22,5 kWh lithium polymer. Terdapat dua pilihan pengisian ulang baterai yakni Fast Charge dan juga Slow Charge. Pengisian ulang baterai juga bisa dilakukan di rumah maupun di staiun pengisian ulang baterai kendaraan listrik (electric vehicle).

Spesifikasi Energica Experia Electric
Dari segi spesifikasi Energica Experia Electric memang sangat mantap sebagai motor petualang. Motor ini diklaim memiliki tenaga puncak hingga 75 kW atau sekitar 102 HP pada 7.500 rpm, sedangkan torsi maksimalnya mencapai 115 Nm. Untuk kecepatan maksimal yang dapat diraih dibatasi hanya 180 km per jam, namun akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam hanya 3,5 detik saja.

– Type: Permanent Magnet Assisted Synchronous Reluctance Motor (PMASynRM)
– DC Voltage: 306V nominal
– Efficiency Peak: 96%
– Power KW/HP: Continuous 60kW/80Hp at 7000 rpm – Peak: 75kW/102Hp at 7500 rpm
– Torque: 115 Nm / 85 ft lb. – 900 Nm / 664 ft lb. at wheel
– Top Speed: Limited at 180 km/h (112 mph)
– Acceleration: 0-100 km/h (0-60 mph): 3.5 sec
– Range: City: 420 km (261 miles), Combined: 256 km (160 miles), Extra-Urban: 208 km (130 miles), WMTC: 222 km (138 miles)

Harga Energica Experia Electric
Tidak ada varian pilihan karena Energica hanya menghadirkan varian warna, yakni Bormio Ice. Sedangkan untuk harga Energica Experia Electric dijual mulai dari 28.000 Euro atau sekitar Rp436,08 jutaan pada tahap awal. Untuk sementara ini memang baru dipasarkan di wilayah Eropa dan tentunya akan merambah ke wilayah atau negara lainnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.