Mitos dan Fakta Seputar Olahraga Jalan Kaki yang Kurang Diketahui

Mitos jalan kaki. (Foto: Pexels)

Sukoharjonews.com – Salah satu olahraga yang cukup fleksibel dilakukan adalah jalan kaki karena jalan kaki dapat dilakukan kapan saja dan dimanapun. Olahraga jalan kaki juga dapat disesuaikan dengan kemampuanmu dan tentunya olahraga ini dapat dilakukan semua orang dari usia muda hingga tua.


Berjalan kaki baik untuk kesehatan fisik dan juga kesehatan mental seseorang. Selain itu, dilansir dari Healthline, Selasa (24/1/2023), jalan kaki dapat membuat kalori dalam tubuh terbakar lebih baik sehingga apabila kamu ingin menurunkan berat badan, olahraga ini sangat disarankan.

Mitos Jalan Kaki
Sebelum kita mengetahui fakta tentang olahraga jalan kaki, sebaiknya kita cari tahu dulu kira-kira mitos apa aja sih yang beredar di masyarakat mengenai olahraga jalan kaki.

10.000 Langkah dalam Sehari Itu Ideal
Apa nih yang sering banget menggunakan aplikasi baik di smartphone atau smart watch-nya dalam mengukur berapa jumlah langkah setiap harinya? Lalu, apakah kamu juga berpikir bahwa seseorang yang menempuh 10.000 langkah merupakan syarat agar jalan kaki bermanfaat bagi tubuh?

Nyatanya tolak ukur tersebut berasal dari kampanye pemasaran, yang mana faktanya angka tersebut belum ada bukti ilmiahnya. Bahkan, apabila kamu hanya berjalan kaki selama 10 atau 15 menit setiap hari tentu sudah bermanfaat bagi tubuh, termasuk dapat menurunkan risiko kolesterol, diabetes, dan tekanan darah tinggi.


Berjalan Kaki Tidak Se Efektif Berlari
Adanya anggapan bahwa berlari lebih efektif daripada berjalan kaki masih sering terdengar, dan akhirnya jalan kaki selalu dipandang sebelah mata sebagai salah satu olahraga yang kurang efektif dilakukan. Padahal, bagi sebagian orang, berjalan kaki lebih mudah daripada berlari.

Harus Jalan Kaki Selama 30 Menit Berturut-turut Agar Hasilnya Maksimal
Kali ini, anggapan jalan kaki disebut baru memperlihatkan hasil apabila telah dilakukan selama 30 menit. Kesalahpahaman kerap terjadi bahwa seseorang harus melakukan olahraga jalan kaki selama 30 menit, padahal waktu 30 menit dapat dibagi dalam beberapa durasi, seperti 10 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.

Kemudian, adanya mitos yang menyebut bahwa manfaat jalan kaki hanya bisa dirasakan jika melakukannya sebagai olahraga, yang mana harus dilakukan secara serius selama 150 menit per minggu. Padahal, apabila kamu memiliki banyak kegiatan lain, jalan kaki sedikit demi sedikit juga sudah bermanfaat bagi kesehatan. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *