Menko PMK Kunjungi RS UNS di Pabelan, Tinjau Stan Inovasi Alat Medis Temuan UNS

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendi saat mengunjungi RS UNS di Pabelan, Kartasura, Jumat (19/2/2021)

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Rumah Sakit (RS) rujukan corona Sukoharjo, yakni RS UNS mendapat kunjungan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Efendi, Jumat (19/2/2021). Dalam kunjungan tersebut, Menko PMK meninjau stan inovasi alat medis hasil penemuan akademisi Universitas Sebelas Maret (UNS).



Dalam kesempatan itu, Menko PMK juga menyempatkan diri menjalani tes swab antigen di RS UNS. “Adanya pandemi virus corona berdampak pada perkembangan dan penemuan baru di bidang medis terkait dengan penanganan virus corona,” ujar Menko PMK.

Dikatakan Menko PMK, salah salah inovasi yang dapat dikembangkan dalam penanganan pandemi virus corona, yakni terapi plasma pheresis yang saat ini tengah dirintis oleh RS UNS. Menurutnya, terapi plasma tersebut berbeda dengan terapi plasma konvalesen yang saat ini banyak digunakan di Indonesia. Hanya saja, terapi plasma pheresis tersebut butuh uji klinis lebih lanjut.

Menko PMK mengakui jika terapi plasma yang dikembangkan RS UNS tersebut baru pertama di Indonesia. Untuk itu, pemerintah memberikan apresiasi atas temuan medis yang memiliki dampak jangka panjang yang luas terkait pandemi virus corona. Untuk itu, Kemenko akan memfasilitasi langkah penyempurnaan temuan temuan medis tersebut.

“Selanjutnya, inovasi bidang medis ini harus mendapatkan hak paten untuk kepentingan bisnis lebih luas. Untuk menjaga produk tahan mutu dan mengantipasi pemalsuan tanpa mengetahui manfaatnya,” ujar Menko.

Selain itu, Menko PMK juga mendapat paparan mengenai beberapa teknologi medis yang berkaitan dengan penanganan corona. Seperti ventilator, alat pelindung diri standar operasi bagi tenaga medis, kursi roda listrik dan instalasi plasma pheresis. Dalam kunjungan tersebut, Menko PMK disambut oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.