Mengejutkan, 5 Makanan Ini Ternyata Dapat Meredakan Nyeri Haid

Ilustrasi. (Foto: HonestDocs)

Sukoharjonews.com – Haid atau menstruasi sering kali memunculkan persoalan bagi kalangan perempuan, yakni rasa tidak nyaman, seperti keram dan nyeri pada perut, pinggang, hingga kaki. Rasa sakit tersebut bahkan dapat membuat sebagian perempuan merasa tidak berdaya, suasana hati yang kacau, bahkan menangis karena harus menahan rasa sakit yang luar biasa.


Tentunya hal itu dapat membuat perempuan merasa tidak nyaman dengan siklus bulanan tersebut, karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dilansir dari laman Today Sabtu 04/02/2023,ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan inflamasi yang mungkin menjadi penyebab perempuan mengalami nyeri atau kram saat menstruasi, seperti daging merah, makanan olahan, gula dan makanan berbasis tepung, hingga kopi.

Meskipun begitu, ada beberapa makanan yang dapat bantu mengatasi rasa nyeri dan keram kamu karena menstruasi.Salah satunya makanan yang mengandung asam lemak esensial atau omega 3. Lalu, apa saja makanan yang bisa mengurangi rasa kram saat menstruasi? Yuk, cari tahu!

1. Ikan
Ikan telah lama diketahui sebagai salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Selain dapat mencerdaskan otak pada anak dan menjaga kesehatan jantung, mengonsumsi ikan disebut juga dapat bantu atasi kram dan nyeri haid pada perempuan. Sebab asam lemak omega 3 juga berfungsi untuk mengurangi peradangan, sehingga dapat meredakan rasa sakit.


2. Buah-buahan
Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang kaya serat dan baik kesehatan, salah satunya pencernaan. Namun, dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, buah juga bisa bantu kamu atasi nyeri saat haid dan kembung, lho

3. Sayuran Hijau
Saat menstruasi, perempuan dapat mengalami kekurangan darah sehingga dapat memicu anemia. Akibatnya, kamu bisa mengalami pusing, lesu, lemas, dan nyeri. Salah satu makanan yang bisa bantu atasi rasa nyeri dan kram adalah sayuran hijau. Hal ini karena sayuran hijau memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk mengatasi anemia, apalagi saat mengalami menstruasi. Sebab, menurut Word Health Organization (WHO), satu dari tiga perempuan mengalami anemia.


4. Minyak Biji Rami
Selain minyak canola, minyak biji rami atau yang juga dikenal sebagai flax seed disebut dapat bantu mengatasi rasa nyeri dan kram saat menstruasi, lho. Setiap 15 mililiter minyak biji rami mengandung 7.195 miligram asam lemak omega-3. Menurut hasil penelitian kecil, ditemukan bahwa dengan mengonsumsi minyak dari tanaman yang berasal dari Timur Tengah ini dapat meredakan gejala umum saat menstruasi dan sembelit.

5. Coklat
Saat datang bulan, keinginan untuk makan makanan manis, seperti berbahan cokelat, terkadang meningkat. Meskipun makanan manis sebaiknya dihindari saat menstruasi karena dapat meningkatkan peradangan, kamu tetap bisa mengonsuminya. Sebab cokelat disebut-memiliki kandungan gula yang rendah, bahkan dapat bantu mengurangi rasa kram dan nyeri saat haid. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *