Menarik Disimak, Pembentukan Alat Kelengkapan DPRD, Lobi-Lobi Intens Dilakukan

Ilustrasi Gedung DPRD Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pascapelantikan anggota DPRD pada 9 September lalu, saat ini DPRD Sukoharjo masih dipimpin oleh Ketua DPRD Sementara. Tugas pimpinan sementara adalah memfasilitasi terbentuknya pimpinan DPRD definitif, fraksi, dan juga alat kelengkapan DPRD lain seperti komisi, badan kehormatan, badan anggaran, badan musyawarah, dan juga badan pembentukan peraturan daerah.



Saat ini, lobi-lobi politik di DPRD pun sudah jadi informasi yang lumrah dan wajar. Khususnya untuk pembentukan fraksi dan juga alat kelengkapan. Untuk pimpinan DPRD sudah jadi hak empat partai politik (parpol) pemenang pemilu. “Lobi-lobi sudah biasa, dan itu wajar terjadi di DPRD sebagai lembaga politik. Lobi ke PDIP juga terjadi,” ujar Ketua DPC PDIP Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Selasa (17/9).

Wardoyo mengakui jika lobi yang terjadi untuk pembentukan alat kelengkapan seperti komisi. Menurutnya, lobi yang dilakukan untuk penyusunan pimpinan komisi. Meski memiliki 20 kursi, Wardoyo mengaku tidak mungkin unsur ketua komisi diambil PDIP semuanya. Pasalnya, pemilihan pimpinan komisi dilakukan oleh komisi itu sendiri. Jadi, koalisi antar parpol dalam komisi bisa menjadi kunci sukses golnya pimpinan yang dibidik.

Hal senada diungkapkan Ketua DPD II Partai Golkar Giyarto. Menurutnya, nama-nama yang diusulkan oleh Golkar sudah disampaikan ke DPRD. Giyarto mengakui jika untuk posisi wakil ketua DPRD, dirinya yang kembali dipercaya untuk menempatinya. Selain nama untuk pimpinan DPRD, Golkar juga mengusulkan nama untuk pimpinan fraksi dan keanggotaan di komisi maupun alat kelengkapan lainnya.

“Kalau soal lobi-lobi jelas ada. Khususnya untuk pembentukan pimpinan komisi,” ungkapnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPC PKB Sukoharjo, Suhardi juga mengakui lobi dilakukan dengan partai lain untuk pembentukan fraksi gabungan. Pasalnya, PKB hanya memiliki tiga kursi, padahal syarat minimal pembentukan fraksi adalah empat kursi. Suhardi mengaku sudah ada kesepakatan dengan Partai NasDem yang memiliki satu kursi untuk membentuk fraksi gabungan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *