Menaker: Program Kartu Prakerja Langsung Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat

Kartu prakerja. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Bogor) – Pelaksanaan Program Kartu Prakerja telah dirasakan manfaatnya langsung kepada masyarakat. Pada pelaksanaannya, program tersebut telah memberikan manfaat berupa keterampilan serta produktifitas yang lebih baik. Hal itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, saat mendampingi Presiden Joko Widodo menghadiri acara Temu Raya Alumni Program Kartu Prakerja di Sentul, Bogor.


Dikatakan Ida, dalam implementasinya program kartu prakerja, Kemnaker telah memiliki platform digital yang menjadi salah satu pelaksana program kartu prakerja, yakni melalui layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker).

Dalam layanan tersebut, terdapat berbagai pilihan jenis pelatihan dan lembaga pelatihan, baik melalui Balai Latihan Kerja (BLK) pemerintah maupun LPK Swasta. Peserta program ini juga telah mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga yang diikutinya.

“Saya telah menyaksikan sendiri, saat Presiden Joko Widodo berdialog langsung kepada alumni penerima manfaat program kartu prakerja, banyak sekali manfaat yang didapatkan, ada yang sukses bekerja dengan penghasilan yang lebih baik, bahkan telah menjadi wirausaha mandiri yang mereka mempekerjakan orang juga,” tutur Ida dikutip dari laman Kemnaker, Sabtu (18/6/2022).

Pada kesempatan ini juga, Menaker Ida mendukung penuh keputusan Presiden Jokowi yang telah memastikan program Kartu Prakerja masih berlanjut pada tahun 2023.

“Sudah di pastikan bahwa program Kartu Prakerja untuk tahun depan dilanjutkan, mengingat dorongan masyarakat yang merasakan manfaatnya, untuk itu kami akan terus melakukan evaluasi dan menyiapkan terkait kesiapan sistem layanan Sisnaker, yang selama ini telah menjadi platform pelatihan program Kartu Prakerja,” ungkapnya.

Sebagai informasi, peserta Kartu Prakerja saat ini berasal dari 34 provinsi. Peserta yang terdaftar Kartu Prakerja sudah berjumlah 12,8 juta orang. Berdasarkan survei BPS, 88,9 persen peserta Kartu Prakerja merasakan peningkatan kemampuan (skill).

Sementara itu, jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 115 juta dan jumlah peserta yang terverifikasi sebesar 84 juta orang. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *