Memberikan Tip Dianggap Menyinggung, Simak Peraturan Unik yang Ada di Korea Selatan Berikut!

Aturan unik di korea selatan. (Foto: Getty Images)

Sukoharjonews com – Korea Selatan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa masyarakat. Mulai dari musik yang dapat memikat para anak muda dengan visual para idol. Film dan drama series mereka yang selalu menampilkan cerita yang menarik dan tidak bosan. Kebudayaan mereka yang beraneka ragam dan unik. Serta makanan khasnya yang sangat menggiurkan dan terlihat lezat.


Tak hanya itu, ternyata di Korea Selatan mempunyai beberapa peraturan yang akan membuat kita terheran – heran. Apa saja peraturannya? Simak penjelasannya berikut! Dilansir dari Beautynesia, berikut beberapa peraturan unik yang ada di Korea Selatan:

1. Dilarang Memberikan Tip
Memberikan tip di restoran biasanya menjadi hal yang cukup lumrah di negara-negara Eropa dan Amerika, khususnya bagi para turis yang berkunjung. Namun, di Korea Selatan sendiri pemberian tip termasuk salah satu hal yang ‘dilarang’. Di Negeri Ginseng tersebut, memberikan tip atau uang tambahan kepada pelayan di suatu restoran akan dianggap sebagai suatu hal yang menyinggung. Jadi jika kamu berlibur ke Korea Selatan, nggak perlu memberikan tip lagi saat berkunjung di restoran, ya.


2. Harus Membeli Sayuran di Pasar
Well, membeli sayuran di pasar mungkin memang sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang, bukan? Namun, ada hal unik terkait Korea Selatan mengenai kegiatan yang satu ini. Ternyata, bagi para menantu keluarga konglomerat Korea Selatan, mereka diwajibkan membeli sayuran di pasar, lho. Bahkan, setiap pengeluaran pun harus dicatat dengan baik, meskipun hanya membeli satu buah kubis.

3. Tidak Boleh Mengangkat Piring atau Mangkuk
Saat makan bersama, mengangkat piring atau mangkuk mungkin menjadi suatu hal yang ‘lumrah’ bagi sebagian besar orang. Lain halnya dengan di Korea Selatan. Melansir 90daykorean, salah satu etika makan di Korea Selatan adalah dengan memastikan piring hingga mangkuk tetap tersaji di atas meja hingga kegiatan makan selesai. Karena itulah, mengangat piring dan mangkuk akan ‘jarang terjadi’ saat makan bersama di Korea Selatan.


4. Dilarang Meminum Kopi
Kopi menjadi salah satu minuman berkafein yang kerap melekat pada sebagian besar orang, khususnya para remaja hingga orang dewasa, di mana mereka disibukkan dengan berbagai aktivitas dan pekerjaan yang padat. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi konsumsi kafein yang berlebihan di kalangan para siswanya.

Para siswa biasanya cenderung mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi menjelang hari-hari ujian di sekolah, di mana umumnya mereka harus belajar lebih ekstra dan berusaha menghindari rasa kantuk dengan minum kopi. Selain kopi, siswa juga dilarang meminum minuman berenergi karena memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.


5. Dilarang Menggunakan Sepatu Pribadi
Umumnya, sekolah-sekolah di Korea Selatan akan ‘melarang’ para siswa untuk memakai sepatu pribadi. Lantas, apa yang mereka gunakan selama kegiatan jam belajar berlangsung? Ternyata, pihak sekolah sudah menyediakan sandal khusus untuk menggantikan sepatu pribadi mereka yang disimpan di loker seperti melansir Koreaboo.

Hal tersebut juga umum dilakukan para siswa di Korea Selatan layaknya sebuah tradisi, di mana masyarakat Korea Selatan sendiri kerap melepas sepatu atau sandal sebelum masuk ke dalam rumah. Di beberapa drama Korea pun, ada adegan yang memperlihatkan para siswa mengenakan kaos kaki berbalut sandal di area sekolah.

Dari beberapa peraturan unik tersebut, mana yang menurut kamu terdengar unik atau kurang lazim? Tapi, tetap ingat pepatah “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” meskipun kebudayaan mereka berbeda, kita harus tetap menghargainya, ya! (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *