Melihat Khasiat Daun Kayu Putih yang Jarang Orang Tahu

Khasiat daun kayu putih. (Foto: Yoona)

Sukoharjonews.com – Daun kayu putih berasal dari pohon kayu putih, pohon asli Australia yang tumbuh cepat. Obat ini sekarang tumbuh di seluruh dunia dan telah digunakan oleh berbagai budaya untuk mengobati kondisi pernapasan, iritasi kulit, dan plak gigi


Dilansir dari Verywell health , Mingggu (7/1/2024), Daun kayu putih dikenal karena potensi manfaat kesehatannya. Mereka mengandung senyawa berbeda, termasuk flavonoid dan terpen, dengan efek antibakteri dan antioksidan

Khasiat Obat Daun Kayu Putih
Daun kayu putih digunakan di seluruh dunia karena khasiat obatnya serta efek antimikroba dan antioksidannya.

Sifat Antibakteri
Daun kayu putih mengandung senyawa yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Minyak atsiri yang terbuat dari daun kayu putih dapat menghambat pertumbuhan jenis bakteri tertentu dan melawan infeksi bakteri.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi obat herbal kayu putih sambil menggunakan antibiotik secara efektif mengobati bakteri tertentu yang resistan terhadap beberapa obat. Hal ini disebabkan oleh kandungan fitokimia yang terdapat pada daun kayu putih. Ada kemungkinan bahwa penggunaan pengobatan kayu putih dapat menurunkan dosis antibiotik yang dibutuhkan.

Antioksidan
Daun kayu putih mengandung antioksidan bernama flavonoid yang diketahui dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif. Hal ini terjadi ketika terdapat kelebihan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas di dalam sel


Khasiat Daun Kayu Putih Kering
Daun kayu putih dapat dikeringkan dan digunakan untuk kondisi kesehatan tertentu. Daun kering bisa diseduh dengan teh. Minyak kayu putih juga bisa diekstraksi dari daun keringnya.

Pereda sakit
Senyawa dalam daun kayu putih dapat meredakan nyeri alami jika dihirup atau dioleskan pada kulit. Menghirup minyak esensial dari daun kayu putih dapat mengurangi rasa sakit pada orang setelah operasi.

Respon imun
Minyak yang diekstrak dari daun kayu putih dapat merangsang respon imun tubuh terhadap infeksi tertentu. Senyawa dalam daun kayu putih dapat meningkatkan fagositosis, yang menyebabkan sel kekebalan memakan dan menghancurkan kuman dan partikel asing.

Relaksasi
Menghirup minyak daun kayu putih dapat meningkatkan relaksasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa menghirup minyak esensial kayu putih dapat mengurangi kecemasan dan menurunkan tekanan darah .


Kondisi Pernafasan
Efek antibakteri daun kayu putih dapat bermanfaat bagi penderita penyakit pernapasan. Penelitian menemukan senyawa dalam daun kayu putih efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh Haemophilus influenzae dan Streptococcus.

Menghirup minyak kayu putih dapat membantu mengurangi lendir dan meredakan hidung tersumbat pada penderita pilek atau penyakit pernapasan lainnya. Minyak kayu putih terdapat pada beberapa jenis obat flu yang dihirup.

Kulit kering
Ekstrak daun kayu putih mungkin bermanfaat untuk kesehatan kulit. Daun kayu putih mengandung makrocarpa A yang dapat meningkatkan kadar ceramide , asam lemak yang membantu kulit tetap lembab. Meningkatkan kadar ceramide dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah kondisi tertentu seperti psoriasis . Ini juga dapat mencegah masalah ketombe dan kulit kepala kering bila digunakan langsung pada kulit kepala.

Obat nyamuk
Minyak atsiri yang diekstraksi dari daun kayu putih dapat menjadi pengusir serangga alami. Minyak ini terbukti aktif mengusir lalat rumah.

Kebersihan mulut
Daun kayu putih bukan satu-satunya bagian pohon yang mempunyai manfaat kesehatan. Ekstrak dari kulit kayunya dapat digunakan sebagai permen karet untuk meningkatkan kesehatan mulut dan bahkan dapat mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *