Mau Hidup Nyaman? Coba Terapkan 5 Cara Ini untuk Hidup Lebih Tentram

Tips hidup nyaman. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Seringkali kita merasa gelisah atau cemas saat dihadapkan dengan banyak deadline tugas di waktu yang bersamaan. Gelisah juga bisa dialami tiap akan menjajal pekerjaan atau pengalaman baru. Kondisi jantung yang berdetak lebih cepat saat cemas melanda merupakan respon alami tubuh kita.
Meski lumrah, namun perlu bisa segera mengontrol dan memproses rasa gelisah tersebut agar kembali fokus dengan hal yang akan dilakukan selanjutnya.


Dilansir dari Verywell Mind, Senin (6/2/2023, pastikan kamu nggak membiarkan rasa gelisah itu mengontrol seluruh emosi hingga mengacaukan harimu, bahkan menyebabkan serangan panik. Lalu gimana sih cara mengatasi gelisah dan mengondisikan agar hidup lebih damai?

1. Kenali Trigger-nya
Untuk mengatasi gelisah yang dialami, kamu perlu tahu akar kegelisahan tersebut. Mencari tahu lebih dulu penyebab kecemasan muncul dengan bertanya pada diri sendiri.


2. Berlatih Fokus Pernapasan Dalam
Bisa mulai memposisikan diri dengan duduk yang nyaman, dan menarik napas perlahan melalui hidung. Selanjutnya ikuti inhalasi ini dengan pernapasan yang dalam melalui hidung.

Terus lakukan ini selama 5 menit untuk membuat tubuhmu lebih rileks. Cara ini juga akan membantu mengalihkan perhatianmu ke masa kini.

3. Berjalan-jalan atau Yoga
Terkadang, cara terbaik untuk mengatasi kegelisahan ialah dengan mengalihkan fokusmu. Berolahraga cepat dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran.


4. Journalling
Menuangkan hal-hal yang membuat gelisah dalam tulisan bisa membantu menenangkan bagi beberapa orang. Jika dilakukan secara rutin, kamu juga bisa melacak seberapa sering kamu merasa gelisah, sekaligus memetakan pemicunya.

5. Mebiasakan Diri Berpikir Positif
Perasaan gelisah yang dialami biasanya disebabkan karena terbiasa membiarkan pikiran negatif menguasai diri. Daripada terus menerus tenggelam dengan suara negatif di pikiranmu, akan jauh lebih baik jika kamu menggantinya dengan membayangkan hal-hal baik.

6. Berpikiran Positif
Hidup tenang dan bahagia bisa kamu miliki jika membiasakan diri berpikiran positif. Bagaimanapun, cara kita berpikir akan sangat memengaruhi kualitas hidup kita. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *