Masuk Tahun 2020, Kios Pasar Nguter Terbakar, Diduga Karena Korsleting

Salah satu kios di Pasar Jamu Nguter terbakar pada Rabu (1/1) pagi. Api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran sehingga tidak meluas.

Sukoharjonews.com (Nguter) – Memasuki tahun baru 2020, kasus kebakaran terjadi dan melanda Pasar Jamu Nguter, Rabu (1/1) pagi sekitar pukul 05.22 WIB. Kebakaran melanda kios pasar yang digunakan sebagai gudang untuk penyimpanan kardus, stok mis instan, dan lainnya. Beruntung, petugas Pemadam Kebakaran Satpol PP berhasil melokasisasi kebakaran sehingga tidak meluas ke kios yang lain.



Kebakaran tersebut kali pertama diketahui oleh petugas keamanan pasar yang melihat asap dari salah satu kios. Petugas kemudian melakukan pengecekan dan melihat api sudah berkobar membakar salah satu kios. Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke petugas Pemadam Kebakaran yang kemudian datang melakukan pemadaman. Terkait kejadian itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Sutarmo membenarkannya. Sutarmo mengaku belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

“Penyebabnya belum diketahui pasti meski ada dugaan karena korsleting listrik. Yang terbakar satu kios yang difungsikan sebagai gudang,” ujarnya.

Dia mengatakan, ketika diketahui ada kebakaran, petugas pasar bersama pedagang berusaha memadamkam api dengan alat pemadam api ringan (Apar) dan peralatan manual lainnya. Api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar satu jam oleh petugas pemadam kebakaran Sukoharjo dibantu pemadam dari Wonogiri sehingga tidak meluas. Sutarmo mengimbau pedagang untuk memastikan aliran listrik saat pasar tutup atau ditinggalkan agar dimatikan untuk menghindari kejadian terulang.

Sedangkan Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono mengatakan, setelah mendapatkan laporan, petugas langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan pemadaman. Menurutnya, pemadaman juga dibantu oleh pemadam kebakaran dari Wonogiri sebagai antisipasi api tidak meluas dan membakar seluruh pasar. “Yang terbakar satu kios yang difungsikan sebagai gudang oleh pedagang,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed