Ragam  

Mantap, Sukoharjo Raih Dua Penghargaan Sekolah Adiwiyata 2018

Kepala SMP Negeri 1 Grogol Kris Budiyono, M.Pd. menerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional yang diberikan Sekretaris Jenderal Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Prestasi kembali diraih Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2018 lalu. Dua penghargaan tersebut adalah Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2018 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dua sekolah tersebut adalah SMPN 1 Grogol dan MIN Jetis. Penghargaan itu sendiri sudah diserahkan pada 21 Desember 2018 lalu di Jakarta.



Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo Afus Suprapto mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada sekolah yang telah melaksanakan Kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan baik. Penghargaan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.577/MENLHK/P2SDM/SDM.2/12/2018.

“Tentunya prestas ini patut disyukuri dan dibanggakan bagi Sukoharjo karena ada dua sekolah yang berprestasi,” ujar Agus, Rabu (9/1).

Menurutnya, penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional diberikan kepada sekolah yang telah menerapkan konsep sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan yang meliputi kurikulum, anggaran sekolah yang berbasis lingkungan serta sarana prasarana sekolah yang berwawasan lingkungan. Hal itu sesuai dengan peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata.

Agus juga mengatakan, penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 21 Desember 2018 di Manggala Wana Bhakti Jakarta. Penghargaan tersebut diharapkan memicu sekolah lain untuk menjadi Sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan secara berjenjang. Meliputi Sekolah Adiwiyata Kabupaten, Sekolah Adiwiyata Provinsi dan Sekolah Adiwiyata Nasional.

“Dengan Pengelolaan Lingkungan Hidup sejak usia sekolah ini diharapkan akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Sukoharjo,” pungkasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments