Mantap, Siswa SMK Citra Medika Jawab Soal Ujian Pakai Handphone

Siswa SMK Citra Medika Sukoharjo mengerjakan soal ujian PTS melalui handphone, Senin (16/9).

Sukoharjonews.com (Gatak) – Perkembangan teknologi digital saat ini harus disikapi dengan baik dan digunakan untuk kegiatan yang bersifat positif pula. Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi digital bisa digunakan untuk banyak hal, salah satunya untuk pelaksanaan ujian sekolah. Seperti yang dilakukan oleh SMK Cutra Medika Sukoharjo yang menggunakan handphone berbasis android untuk pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS).



“Penggunaan handphone untuk PTS ini sebagai wujud kesiapan pelajar terkait era Industri 4.0. Dalam PTS ini kami menggunakam handphone android dimana PTS diikuti 525 siswa. Cukup mudah karena siswa hanya perlu memasukkan ID untuk mengakses soal ujian,” terang Ketua Panitia PTS SMK Citra Medika Sukoharjo, Yulia Ari Setyowati, Senin (16/9).

Dikatakan Yulia, generasi muda saat ini sudah sangat familiar dengan teknologi utamanya dengan smartphone. Sebelum pelaksanaan PTS, siswa tinggal mengunduh aplikasi melalui website yang telah disediakan pihak sekolah dan sudah ada di playstore. Setiap siswa yang akan mengikuti ujian wajib memiliki ID untuk bisa mengakses soal ujian dan langsung mengerjakannya di handphone masing-masing.

Menurutnya, karena ujian menggunakan jaringan internet, sekolah memastikan jaringan internet dan listrik aman selama ujian. “Ujian menggunakan handphone ini baru kali pertama kami lakukan dan sebelumnya diujicoba terlebih dahulu agar tidak ada kendala saat pelaksnaaan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, ujian dengan memanfaatkan teknologi handphone tersebut juga memudahkan guru dalam melakukan koreksi. Pasalnya, jawaban siswa untuk pilihan ganda langsung dikoreksi oleh sistem. Selain itu, ujian menggunakan handphone juga untuk mencegah siswa bertindak curang karena aplikasi diseting hanya bisa menampilkan soal ujian saja. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *