Manfaat Peterseli bagi Kesehatan

Manfaat peterseli untuk kesehatan.(Foto: intisari online)

Sukoharjonews.com – Peterseli adalah ramuan berbunga yang banyak dibudidayakan milik keluarga Apiaceae. Ini lazim dalam masakan Amerika, Eropa, dan Timur Tengah.


Dilansir dari WebMD, Minggu (12/5/2024), ada dua jenis peterseli segar yang sering ditemukan di pasar dan toko makanan lainnya. Mereka umumnya dikenal dengan nama deskriptifnya: peterseli daun keriting dan peterseli daun datar. Peterseli daun keriting, disebut juga peterseli Perancis, sering digunakan sebagai hiasan. Peterseli daun datar, juga disebut peterseli Italia, memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih sering digunakan sebagai bahan salad dan masakan.

Keuntungan sehat
Peterseli memiliki banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat penting bagi kesehatan. Ini adalah sumber vitamin K yang sangat kaya . Satu sendok makan peterseli cincang segar menyediakan lebih dari 70% asupan harian yang direkomendasikan. Peterseli juga mengandung banyak vitamin A dan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid.

Manfaat kesehatan lain yang dapat diberikan peterseli meliputi:

Pencegahan Kanker
Peterseli mengandung sejumlah besar flavon apigenin. Meskipun memasak dan/atau mengeringkan dapat mengurangi beberapa manfaat kesehatan peterseli lainnya, hal ini meningkatkan apigenin yang tersedia dalam peterseli. Faktanya, peterseli kering adalah sumber apigenin alami terbaik.

Flavon adalah pigmen pada tanaman berbunga tertentu dan antioksidan kuat. Apigenin telah menunjukkan potensi tertentu sebagai agen antikanker, namun diperlukan lebih banyak penelitian.

Diuresis
Diuresis adalah proses di mana ginjal Anda menghasilkan urin ekstra untuk membuang suatu zat dalam tubuh Anda. Peterseli bekerja sebagai diuretik alami yang kuat dan dapat membantu mengurangi kembung dan tekanan darah .


Kesehatan tulang
Peterseli kaya akan vitamin K, yang dikaitkan dengan kesehatan tulang. Vitamin mendukung pertumbuhan tulang dan kepadatan mineral tulang. Sebuah penelitian tentang peterseli menemukan bahwa peterseli membantu melindungi terhadap osteoporosis pada tikus.

Kesehatan Mata
Peterseli mengandung vitamin A, yang membantu melindungi permukaan mata, serta lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang membantu mencegah degenerasi makula terkait usia. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *