Manfaat Minyak Jinten Hitam yang Jarang Diketahui!

Manfaat jinten hitam. (Foto: dove)

Sukoharjonews.com – Minyak jintan hitam, juga dikenal sebagai minyak biji jintan hitam, berasal dari tanaman Nigella sativa, yang bijinya sering disebut antara lain biji kalonji atau biji bawang hitam. Sebagai obat herbal, minyak jintan hitam menawarkan banyak manfaat yang melampaui penyakit fisik hingga mencakup perawatan rambut dan perawatan kulit. Penasaran dengan manfaat tersembunyi yang dimiliki biji jintan hitam selama ini?


Dikutip dari The Statesman, pada Selasa (13/2/2024), berikut manfat jinten hitam yang jarang diketahui:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Antioksidan kuat yang ditemukan dalam biji jintan hitam, seperti thymoquinone (TQ), berperan penting dalam membantu penurunan berat badan. Meski diperlukan penelitian lebih lanjut, diyakini bahwa komponen aktif dalam biji jintan hitam dapat mempengaruhi gen tertentu dan menekan rasa lapar yang berlebihan.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dan antioksidan membantu memerangi radikal bebas dan mendukung transformasi berat badan. Namun, hal ini saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan; hal ini harus dibarengi dengan gaya hidup dan pola makan yang tepat.

2. Bagus untuk Kulit dan Rambut
Dalam bidang perawatan rambut, minyak jintan hitam adalah keajaiban. Digunakan sebagai obat perawatan rambut alami selama bertahun-tahun, sifat antioksidannya dapat menumbuhkan rambut bervolume dan berkilau dengan penggunaan yang konsisten. Selain itu, asam lemak esensial dan vitamin yang ada tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi tetapi juga efek melembapkan. Dari mengurangi rambut rontok hingga meningkatkan kesehatan kulit kepala, minyak biji jintan hitam berkontribusi signifikan terhadap peningkatan perawatan rambut.

Segudang manfaat minyak jintan hitam juga mencakup kecantikan, dengan bahan aktifnya menjaga kulit tetap halus dan kenyal sekaligus melawan bakteri dan radikal bebas yang dapat memicu jerawat dan berjerawat.


3. Menstabilkan Kadar Gula Darah
Mengonsumsi beberapa tetes minyak jintan hitam setiap hari atau mencampurkan bubuk jintan hitam dengan air dapat membantu pasien diabetes dalam mengatur kadar gula darah. Sifat hipoglikemik obat ini meningkatkan peningkatan insulin alami dan meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Mempromosikan Fungsi Ginjal dan Hati yang Lebih Baik
Dalam skala yang lebih luas, minyak jintan hitam dapat membantu memperbaiki kondisi seperti penyakit hati alkoholik, sirosis, dan lainnya dengan mengurangi stres oksidatif. Penelitian juga menunjukkan bahwa obat ini dapat menormalkan parameter darah dan mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit ini. Penelitian yang sedang berlangsung berupaya untuk menentukan apakah ini juga dapat membantu mengobati batu ginjal.

Minyak jintan hitam banyak digunakan dalam terapi dan pijat karena manfaat holistiknya untuk pikiran dan tubuh. Oleh karena itu, menggabungkan habbatussauda kecil ini ke dalam gaya hidup seimbang, disertai pola makan dan olahraga yang tepat, dapat menghasilkan kehidupan yang kuat.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *