Manfaat Micellar Water Bagi Kesehatan Wajah Anda

Manfaat micellar water. (Foto: healthline)

Sukoharjonews.com – Micellar water adalah produk pembersih wajah berbahan dasar air. Umumnya, di dalam produk ini juga terkandung gliserin dan molekul surfaktan (SLS) yang disebut dengan micelles. Penggunaan micellar water merupakan tahap pertama dalam proses double cleansing.


Dikutip dari Honest Docts, pada Selasa (30/5/2023), manfaat micellar water yang juga bebas kandungan alkohol biasanya digunakan untuk membantu meningkatkan hidrasi kulit yang dapat menjaga kelembapan kulit, mengurangi iritasi dan peradangan, serta menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut, kenyal, dan halus. Oleh karena itu, simak penjelasan lengkapnya berikut:

1. Menghilangkan kotoran dan minyak
Manfaat micellar water juga biasanya digunakan sebagai pembersih wajah yang ampuh menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa bekas make up yang mungkin menempel di kulit wajah sehingga menjadikan kulit tetap bersih. Tak hanya itu, manfaat micellar water juga dapat membersihkan kulit secara lebih mendalam. Akan tetapi jika Anda menggunakan riasan tebal pada wajah, tambahkan make up remover yang khusus digunakan untuk membersihkan wajah.


2. Menjaga kelembapan kulit
Manfaat micellar water yang sangat penting adalah menjaga kulit tetap lembap dan tidak kering. Hampir di seluruh produk micellar water mengandung gliserin, senyawa hidrasi yang telah terbukti membantu mempertahankan kelembapan kulit secara lebih efektif. Dalam sebuah penelitian, gliserin juga diklaim dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, melindungi kulit dari iritasi, serta meningkatkan hidrasi kulit. Meski terdapat sedikit kandungan surfaktan di dalamnya, tetapi micellar water tidak menyebabkan iritasi pada kulit dan cocok digunakan pada mereka yang memiliki jenis kulit kering.

3. Menjaga kebersihan kulit
Selain berfungsi untuk membersihkan kulit, micellar water juga turut membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan bersih, terutama bagi mereka yang memiliki masalah jerawat dan komedo pada wajah. Kondisi itu biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori wajah serta tumpukan kotoran yang membandel. Meski cuci muka dianggap sebagai salah satu cara membersihkan wajah, tetapi jika dilakukan dengan cara yang tidak tepat atau air tidak bersih justru dapat menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Itu sebabnya, penggunaan micellar water dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan sehat.


Meski sebagian besar produk micellar water dianggap sebagai produk yang lengkap dan cocok untuk semua jenis kulit, terutama dalam proses membersihkan wajah, tetapi mungkin saja hal tersebut tidak selalu berhasil pada setiap orang.

Oleh karena itu, jika setelah beberapa kali pemakaian micellar water justru membuat wajah Anda bermasalah, sebaiknya segera hentikan penggunaan. Bahkan jika menunjukkan tanda atau gejala iritasi, segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *