Manfaat Mengejutkan dari Chia Seeds Menurut Ahli Gizi

Manfaat cia seeds.(Foto:Runners world)

Sukoharjonews.com -Sering disebut sebagai “makanan super”, biji chia adalah biji kecil berwarna hitam dan putih dari tanaman gurun Salvia hispanica, anggota keluarga mint. Benih kecil ini memang kecil, tapi sungguh perkasa. Faktanya, tidak ada kekurangan manfaat biji chia atau cara memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda.


Dilansir dari prevention, Rabu (15/5/2024),manfaat kesehatan apa yang dapat Anda harapkan dari dosis harian biji chia? Kami telah menghubungi ahli gizi kami untuk memberi tahu kami semua manfaat yang dapat diberikan oleh benih pembangkit tenaga listrik ini. Plus, bagaimana Anda bisa menambahkannya ke makanan favorit Anda setiap hari.

Manfaat biji chia
Sebagaimana dicatat oleh Harvard Health , biji chia merupakan protein lengkap dan mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Anda membutuhkan asam amino ini untuk produksi energi dan fungsi kekebalan tubuh Anda. Contoh lain dari protein lengkap adalah makanan hewani seperti susu, telur, ikan, daging, dan unggas, sedangkan pilihan nabati termasuk soba, edamame, dan quinoa. Dengan 5 gram protein per porsi, biji chia dapat menambahkan protein ke hampir semua resep.


Sumber serat yang baik
Biji chia adalah sumber serat yang baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan menjaga kadar glukosa darah, kata Keri Gans, MS, RD, ahli diet terdaftar dan penulis The Small Change Diet . Jika dikombinasikan dengan air, biji chia dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi sembelit, tambah Melissa Prest, DCN, RDN , juru bicara media nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics dan anggota Prevention Medical Review Board . “Kandungan serat yang tinggi juga bermanfaat bagi kesehatan usus dengan memberi bahan bakar bagi mikroba usus yang sehat.”

Antioksidan dan polifenol
Manfaat kesehatan lain yang mengejutkan dari biji chia adalah merupakan sumber antioksidan dan polifenol yang sangat baik seperti asam caffeic, myricetin, quercetin, asam rosmarinic, dan lain-lain. Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi sel Anda dari radikal bebas, yang mungkin berperan dalam kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya, sedangkan polifenol adalah senyawa tanaman bermanfaat dengan sifat antioksidan yang dapat membantu Anda tetap sehat dan melindungi dari berbagai penyakit.

asam lemak omega-3
Biji chia mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida, serta mengurangi risiko serangan jantung atau stroke, kata Gans. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengendalikan eksim, lupus, dan rheumatoid arthritis. Mereka bahkan mungkin memainkan peran protektif terhadap kanker dan kondisi lainnya.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *