Manfaat Lain Kulit Jeruk yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Manfaat kulit jeruk.(Foto: yoona)

Sukoharjonews.com – Jarang diketahui banyak orang, ternyata ada segudang manfaat kulit daun jeruk bagi kehidupan kita, lho! Jeruk sendiri merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi karena kaya akan kandungan vitamin C tinggi.


Namun, sering kali kita cenderung membuang kulit jeruk setelah mengkonsumsi isi buahnya. Padahal, kulit jeruk memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Dikutip dari NDTV Food, pada Jumat (16/8/2024), berikut manfaat lain kulit jeruk yang tidak banyak orang ketahui:

1. Pemyegar udara
Buatlah penyegar udara ramah lingkungan menggunakan kulit jeruk. Cukup masukkan kulit jeruk ke dalam air bersama kayu manis dan cengkeh, lalu didihkan selama 15-20 menit. Ramuan alami ini akan membantu menetralkan bau masakan dan menyegarkan dapur Anda.

2. Pembersih dapur
Anda dapat membuat pembersih dapur dengan merendam kulit jeruk dalam cuka selama beberapa minggu, lalu menyaring cairannya. Cuka yang mengandung jeruk ini sangat cocok untuk membersihkan noda minyak dan lemak yang membandel tanpa bahan kimia keras.


3. Poles baja tahan karat
Apakah peralatan dapur berbahan baja antikarat Anda tampak kusam? Gosok bagian dalam kulit jeruk pada peralatan tersebut dan biarkan selama 10-15 menit. Minyak alami akan membantu menghilangkan sidik jari dan mengembalikan kilaunya.

4. Pembersih gelombang mikro
Berikan kesegaran pada microwave Anda dengan menaruh kulit jeruk dalam semangkuk air dan memanaskannya dalam microwave selama beberapa menit. Uap air akan menghilangkan noda makanan, sehingga lebih mudah dibersihkan.


5. Pengomposan
Apakah kebun Anda bermasalah? Berikan nutrisi pada tanaman Anda dengan menambahkan kulit jeruk ke dalam kompos Anda. Kulit jeruk akan memperkaya tanah dengan nutrisi yang berharga, sehingga membantu tanaman Anda tumbuh subur.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *