Manfaat Jus Tomat yang Menyehatkan

Manfaat jus tomat. (Foto: alofresh)

Sukoharjonews.com – Tomat secara ilmiah disebut Solanum lycopersicum dan merupakan anggota keluarga Nightshade Solanaceae. Buah tomat berasal dari Amerika Selatan dan kini ditanam di negara-negara Asia Tengah dan Selatan juga karena tingginya permintaan.


Dilansir dari PharmEasy, Senin(16/12/2023),Tomat disukai dan dinikmati oleh orang-orang dari segala usia, dan juga dikenal sebagai apel cinta.Bacalah untuk mengetahui bagaimana jus merah manis yang tajam ini memiliki potensi manfaat kesehatan.

Manfaat dan Kegunaan Jus Tomat:
Jus tomat mungkin mempunyai kegunaan potensial untuk berbagai kondisi kesehatan; beberapa di antaranya dijelaskan sebagai berikut:

1. Potensi kegunaan jus tomat untuk tulang
Jus tomat mengandung vitamin K dan kalsium yang mungkin berguna untuk memperkuat tulang. Mereka mungkin membantu melakukan perbaikan kecil pada tulang dan jaringan tulang. Minum jus tomat dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian dalam jumlah yang cukup. Vitamin K memiliki kemampuan untuk mengaktifkan osteokalsin, yang merupakan protein non-kolagen utama dalam tulang. Osteokalsin membantu mineralisasi molekul kalsium di dalam tulang. Oleh karena itu, jus tomat dapat membantu menjaga kepadatan tulang Anda.

Namun, informasi ini tidak cukup dan memerlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menunjukkan manfaat minum jus tomat untuk kesehatan tulang.

2. Potensi kegunaan jus tomat untuk kulit
Jus tomat mungkin merupakan minuman yang sangat baik untuk perbaikan sel kulit dengan cepat. Mengandung antioksidan likopen tingkat tinggi, yang berfungsi sebagai tabir surya alami dan melawan sinar UV yang berbahaya. Anda bisa mengganti pembersih wajah mahal tersebut dengan semangkuk jus tomat yang manjur. Anda bisa menggunakan jus tomat untuk kulit bercahaya. Ini mungkin membersihkan wajah Anda dan membuatnya berkilau. Jika Anda melihat wajah memerah, jangan khawatir; itu memudar dalam beberapa menit.


Namun, informasi ini tidak cukup bagi kami dan kami memerlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengetahui potensi jus tomat untuk kulit bercahaya. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya pada kulit Anda, konsultasikan dengan dokter Anda.

3. Potensi kegunaan jus tomat untuk jantung
Jus tomat kaya akan vitamin dan nutrisi seperti potasium, yang diperlukan untuk fungsi jantung. Jus tomat yang bebas kolesterol dan mengandung vitamin B-3 mungkin efektif dan aman untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kalium menurunkan tekanan darah, mengurangi kemungkinan stroke jantung dan serangan jantung. Vitamin B-6 dan B-9 dapat membantu mengubah bahan kimia berbahaya (homosistein) dalam tubuh. Jadi, menambahkan tomat atau jus tomat ke dalam makanan rutin Anda dapat menurunkan kemungkinan terjadinya kondisi yang berhubungan dengan jantung yang mengancam jiwa.

Namun, data ini tidak cukup dan memerlukan penelitian skala besar pada manusia untuk menghasilkan keberhasilan jus tomat untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, jika Anda menderita penyakit jantung, ikuti saran medis dan gunakan hanya jika direkomendasikan oleh dokter Anda.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *