Makanan yang Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Makanan yang sebabkan rambut rontok

Sukoharjonews.com – Rambut yang sehat, kuat, dan lebat merupakan dambaan bagi sebagian orang. Tak salah banyak dari mereka sering merawat rambut mereka. Apalagi bagi seorang wanita, rambut merupakan salah satu mahkotanya. Sama seperti kulit, rambut yang sehat juga menjadi indikator tubuh yang ternutrisi dengan baik. Pilihan makanan yang Anda makan juga dapat merusak atau membuat keajaiban bagi rambut Anda.


Sementara orang umumnya mengaitkan masalah rambut dengan stres dan genetika, faktor mengejutkan lainnya adalah pola makan seseorang. Ya, pola makan seseorang ternyata juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Oleh karena itu, simak beberapa makanan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, dilansir dari NDTV Food, pada Rabu (8/2/2023) berikut:

1. Alkohol
Rambut terutama terbuat dari protein, yang disebut keratin. Keratin adalah protein yang memberi struktur pada rambut Anda. Alkohol berdampak negatif pada sintesis protein dan dapat menyebabkan rambut menjadi lebih lemah dan tidak berkilau. Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dan dapat menyebabkan kematian folikel.


2. Junk food
Junk food sering sarat dengan lemak jenuh dan tak jenuh tunggal yang tidak hanya membuat Anda gemuk dan menimbulkan penyakit kardiovaskular, tapi juga bisa membuat Anda kehilangan rambut. Diet kaya SFA dan MUFA dapat meningkatkan kadar testosteron yang berpotensi meningkatkan kadar hormon DHT juga. DHT adalah androgen yang terkait dengan alopecia. Juga, makanan berminyak dapat membuat kulit kepala Anda berminyak dan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan pengecilan folikel rambut.

3. Ikan
Tingkat merkuri yang tinggi dapat menyebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba. Sumber paparan merkuri yang paling umum adalah ikan karena konsentrasi metil-merkuri pada ikan telah meningkat selama beberapa dekade terakhir karena perubahan iklim dan penangkapan ikan yang berlebihan. Ikan air laut seperti ikan pedang, mackerel, hiu dan beberapa jenis tuna kaya akan merkuri.


4. Soda
Soda mengandung pemanis buatan yang disebut aspartam, yang menurut para peneliti dapat merusak folikel rambut. Jika Anda mengalami kerontokan rambut akhir-akhir ini maka sebaiknya Anda menghindari diet soda sepenuhnya.

5. Gula
Ya, ancaman licik itu sama buruknya bagi rambut Anda seperti halnya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Penelitian telah menunjukkan bahwa resistensi insulin, yang menyebabkan diabetes dan obesitas, juga dapat membuat Anda kehilangan rambut atau bahkan menyebabkan kebotakan pada pria dan wanita. Dan faktor nomor satu di balik resistensi insulin adalah diet tinggi gula, pati, dan karbohidrat olahan.
Demikian beberapa makanan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut Anda. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *