Makanan Paskah Tradisional di Spanyol

Makanan tradisional paskah dari Spanyol. (Foto: saveur)

Sukoharjonews.com – Ada banyak tradisi Spanyol yang datang bersamaan dengan Paskah. Sepanjang Semana Santa, penduduk setempat menikmati perayaan keagamaan, tradisi, dan pertemuan keluarga. Namun jangan lupakan salah satu aspek terpenting dari perayaan – Makanan! Setelah masa Prapaskah yang tampaknya tak ada habisnya, masyarakat Spanyol memastikan untuk berpesta dan memanfaatkan semua masakan yang secara tradisional disiapkan untuk Semana Santa.


Dikutip dari City Life Madrid, pada Minggu (31/3/2024), inilah makanan paskah tradisional dari Spanyol:

1. Mon de Pascua
La Mona de Pascua merupakan kue adat yang diolah untuk Semana Santa, khususnya di wilayah Catalonia dan Valencia. Banyak yang menganggap kue warna-warni ini sebagai penutup lezat masa Prapaskah, sekaligus simbol musim semi, menyambut cuaca cerah yang akan datang. Kue La Mona de Pascua awalnya terbuat dari marzipan dan di atasnya diberi telur rebus, karena banyak umat Katolik yang berdedikasi tidak mengonsumsi daging atau telur selama masa Prapaskah. Merupakan praktik tradisional bagi wali baptis untuk memberikan kue ini kepada anak baptisnya (kata ‘Mona’ adalah istilah Maroko yang berarti ‘hadiah’). Jumlah telur rebus di atas kue tergantung pada usia anak baptisnya. Saat ini, La Mona de Pascua lebih modern, disajikan dengan lebih sedikit telur rebus dan lebih banyak coklat serta manisan lainnya. Banyak toko roti di Catalonia memproduksi ribuan kue ini setiap tahun selama Semana Santa.


2. Torrijas
Makanan penutup lezat ini menjadi favorit tradisional selama Semana Santa. Sangat mirip dengan apa yang mungkin dikenal orang lain sebagai ‘French Toast’, torrijas adalah makanan khas Paskah di Spanyol, dinikmati di seluruh negeri sepanjang tahun ini. Khususnya sepanjang minggu menjelang Paskah. Apa yang membuat torrija berbeda dari sepupunya yang berasal dari Perancis adalah beragamnya cara menyiapkannya. Daripada merendam roti dalam susu, torrija Spanyol juga bisa direndam dalam anggur! Mulai sekarang, mari kita sebut roti panggang Perancis biasa sebagai ‘Virgin Torrija’.

3. Harnazo
Tidak semua pai harus manis. Di Spanyol, khususnya di provinsi Salamanca dan Ávila, penduduk setempat menikmati pai daging berisi telur, pinggang babi, dan sosis chorizo. Hornazo secara tradisional disantap pada Senin Paskah di festival yang disebut ‘Lunes de Aguas’ (‘Senin Perairan’). Beberapa orang menganggap hornazo sebagai roti Paskah Spanyol, karena pada dasarnya terlihat seperti sandwich isi raksasa. Biasanya juga menghiasi bagian luar pai dengan kacang, anggur, atau adonan yang diberi gaya. Jika Anda mendambakan sesuatu yang lebih manis daripada pai daging, ada versi hornazo tidak gurih yang dibuat dengan gula, almond, adas manis, dan telur.


4. Sapo de Ajo
Sup isi ini tepat ketika gigi manis Anda perlu istirahat. Sebagian besar terbuat dari bawang putih, merica, dan kaldu ayam, sopa de ajo adalah hidangan umum yang akan Anda temukan di acara kumpul keluarga selama Semana Santa. Untuk teksturnya, orang akan menambahkan potongan roti ke dalam sup, serta telur rebus tepat di tengahnya (atau telur goreng jika Anda benar-benar ingin menikmatinya).

5. Bueñelos
Ini adalah makanan penutup yang mudah dibuat yang mungkin Anda persiapkan sepanjang tahun! Bueñelos bukan hanya makanan Paskah di Spanyol, tapi makanan lezat yang dimakan di banyak belahan dunia! dengan masing-masing negara mengadaptasi versi khususnya sendiri. Ini pada dasarnya adalah bola adonan yang digoreng, dan di Spanyol kami menutupinya dengan gula dan kayu manis. Dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti air, susu, telur atau ragi, bueñelos adalah suguhan cepat saji yang dinikmati oleh banyak penduduk setempat selama Semana Santa. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan membuat bueñelos sendiri di rumah!


6. Bartolillo Madrileño
Kue-kue ini sangat istimewa jika Anda menghabiskan Semana Santa di ibu kota Spanyol. Berasal dari kota Madrid yang menakjubkan, bartolillo madrileño adalah empanada goreng yang diisi dengan puding krim. Adonan biasanya dipotong berbentuk segitiga sebelum digoreng. Setelah diisi dengan custard, bartolillo ditaburi gula halus agar terlihat lebih nikmat. Tidak diragukan lagi bartolillo akan mudah ditemukan di toko roti lokal Anda di Semana Santa ini!(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *