Maju Jalur Perseorangan Pilkada Sukoharjo, Pasangan Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa Serahkan Dukungan 55.906 KTP

Bacalon Bupati danWakil Bupati Sukoharjo jalur perseorangan, Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa saat menyerahkan berkas dukungan ke KPU, Minggu (12/5/2024) malam.

Sukoharjonews.com – Pasangan calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan, Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa resmi menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Sukoharjo, Minggu (12/5/2024) malam. Pasangan tersebut diterima langsung oleh lima komisioner KPU Sukoharjo.


Dalam kesempatan tersebut, pasangan perseorangan tersebut menyerahkan syarat dukungan untuk bisa maju dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sukoharjo 2024.

“Hari Minggu (12/5/) memang menjadi hari terakhir penyerahan syarat dukungan calon perseorangan ke KPU,” ujar Ketua KPU Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo, Senin (13/5/2024).

Pasangan Tuntas-Djayendra datang pukul 17.28 WIB dan menjadi bakal pasangan calon perseorangan satu-satunya.

Dikatakan Syakbani, dalam penerimaan persyaratan dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, KPU melakukan memeriksa kelengkapan naskah bentuk fisik surat penyerahan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan dan jumlah dukungan.


KPU juga memeriksa kesesuaian surat penyerahan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan dan jumlah dukungan, memeriksa kelengkapan surat pernyataan dukungan masing-masing pendukung, memeriksa kelengkapan dokumen surat pengunduran diri bagi bakal calon perseorangan yang berstatus sebagai penjabat gubernur, penjabat bupati, atau penjabat Walikota, dan juga persyaratan lainnya.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, status penyerahan dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Sukoharjo dinyatakan lengkap dan diterima,” terang Syakbani.

Syakbani juga mengatakan, tentang data dan dokumen persyaratan dukungan bakal pasangan calon tertuang dalam formulir Model Penerimaan dukungan KWK-KPU atas nama bakal pasangan calon yang bersangkutan.

“Penerimaan syarat dukungan calon perseorangan pemilihan bupati dan wakil bupati Sukoharjo 2024 sudah ditutup pada Minggu (12/5) pukul 23.59 WIB,” ujarnya.


Soal KTP dukungan, Syakbani mengatakan total dukungan yang diserahkan melalui Silon KPU sebanyak 55.906, sedangkan syarat dukungan minimal berdasarkan Keputusan KPU sebanyak 50.894. Untuk itu, status jumlah dukungan minimal dalam penyerahan dukungan awal memenuhi syarat dukungan minimal.

Untuk jumlah sebaran kecamatan dukungan minimal 7 kecamatan juga memenuhi syarat sebaran minimal.

“Selanjutnya, dokumen yang diterima akan dilakukan verifikasi administrasi dengan melihat kembali kesesuaian dokumen dukungan dan KTP yang diserahkan yang dilaksanakan pada 13-29 Mei 2024,” ujar Syakbani.

Syakbani menambahkan, jika dalam hasil verifikasi administrasi dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan, KPU turunkan petugas untuk melakukan verifikasi faktual ke rumah-rumah warga guna memastikan kebenaran pemberi dukungan terhadap Bacalon. Tahap berikut adalah penyerahan perbaikan jika ada terjadi kekurangan yang ditemukan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *