LLaMA, Model Bahasa AI Baru Meta Bukan ChatGPT Biasa Anda

Ilustrasi. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Akhir-akhir ini, model bahasa menjadi pembicaraan di kota teknologi. Sejumlah besar model yang dikembangkan oleh pemain besar seperti Microsoft, Google, dan OpenAI sudah hadir dengan model bertenaga AI mereka. Sesuai berita terbaru, Meta, perusahaan induk Facebook, juga telah membuat langkah signifikan di bidang ini dan merilis generator bahasa AI baru yang disebut LLaMA.


Dilansir dari Gizmochina, Senin (27/2/2023), tidak seperti model bahasa lain seperti Bing atau ChatGPT, LLaMA tidak seperti ChatGPT atau Bing dalam arti bahwa masyarakat umum tidak dapat berinteraksi dengannya melalui petunjuk dan pesan. Sebaliknya, ini lebih merupakan alat penelitian yang dibagikan Meta sehingga pengguna dapat dengan mudah dan mudah mengakses bidang penting dan cepat berubah ini.

Dengan merilis LLaMA di bawah lisensi nonkomersial yang berfokus pada kasus penggunaan penelitian, Meta memberikan akses ke universitas, LSM, dan laboratorium industri untuk membantu para ahli mengatasi masalah seperti bias dan toksisitas dalam model bahasa AI.


CEO Mark Zuckerberg mengungkapkan komitmen Meta untuk membuka penelitian. Dia menyoroti komitmen Meta terhadap model penelitian terbuka ini, menyatakan bahwa perusahaan akan membuat model baru mereka tersedia untuk komunitas penelitian AI. Dengan merilis LLaMA, Meta berharap dapat mendorong kolaborasi antara peneliti akademik, masyarakat sipil, pembuat kebijakan, dan industri untuk mengembangkan pedoman yang jelas seputar AI yang bertanggung jawab dan model bahasa besar yang bertanggung jawab.

Sementara Meta sebelumnya telah merilis chatbot AI-nya sendiri, seperti BlenderBot dan Galactica, penerimaannya sangat beragam. Dengan LLaMA, Meta mengharapkan respon yang lebih baik. LLaMA sebenarnya adalah kuartet model dengan ukuran berbeda, dengan angka di namanya mengacu pada miliaran parameter di setiap model.


Model terkecil kedua, LLaMA-13B, bahkan dapat berjalan pada GPU Nvidia Tesla V100 tingkat pusat data tunggal, membuatnya dapat diakses oleh institusi yang lebih kecil yang ingin menjalankan pengujian pada sistem ini.

Rilis LLaMA oleh Meta terkenal karena menunjukkan dedikasinya terhadap penelitian AI dan kesediaan perusahaan untuk berbagi sumber daya dengan komunitas yang lebih luas. Karena bidang model bahasa AI terus berkembang dan berkembang, menarik untuk melihat kemajuan dan terobosan apa yang akan muncul dari penggunaan alat seperti LLaMA. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *