Lampion Pasar Gedhe Solo Kembali Semarak, Pengunjung Padati Balaikota Setiap Malam

Semarak lampion di kompleks Pasar Gedhe Solo dalam rangka Imlek 2023.

Sukoharjonews.com (Solo) – Kota Solo kembali mengadakan berbagai acara dan atraksi untuk menyemarakkan suasana perayaan Tahun Baru Imlek 2574 yang jatuh pada 22 Februari 2023, Tahun Kelinci Air.


Rangkaian acara diawali dengan pemasangan sekitar 5.000 lampion merah dan kuning, 12 Shio, Kelinci Maskot, Dewa Rejeki, Barongsai, Jileyhud, lilin dan gapura Imlek di seputaran Pasar Gede Solo, Jalan Jenderal Sudirman dan Urip Sumoharjo. Lampion-lampion itu dinyalakan mulai 5 Januari hingga 10 Februari 2023.

Setelah vakum beberapa lama semenjak pandemi corona, tahun ini Imlek di Kota Solo kembali digelar dengan meriah karena menjaid dayak tarik masyarakat untuk berkunjung. Berbagai macam karakter (Cosplay) dihadirkan untuk menghibur para pengunjung. Mulai dari cosplay pocong, badut, tokoh Sun Go Kong sampai robot gundam.


Pesta kembang api dalam rangka Imlek sudah terselenggara tanggal 21 Januari 2023, hari Sabtu. Adapun sehari sebelumnya ada atraksi liong barongsai dari berbagai perkumpulan liong barongsai yang ada di Solo digelar Plaza Balai Kota Solo. Namun masih banyak lagi keseruan–keseruan imlek lainnya.

“Perayaan imlek belum usai, masih ada pula kirab liong barongsai pada 4 Februari 2023. Tanggal 4 Februari ada kirab 3 liong barongsai. Sehari dari Cap Go Meh, 5 Februari 2023. Tanggal 5 Februari jatuh pada hari Minggu. Namun tanggal 5 ada perayaan Cap Go Meh di Pendhapi Gede Balai Kota Solo,” ujar Ketua Penyelenggara, Sumartono Hadinoto.


Tahun Baru Imlek ini sangat menguntungkan bagi para UMKM Lokal yang berjualan di tempat Pasar Gedhe. Salah satu pedagang mengaku omsetnya meningkat drastis saat jualan di Tahun Baru Imlek ini.

“Omzetnya ya sangat meningkat, karena pengunjung kan juga bertambah apalagi pas di hari weekendnya sangat ramai. Penjualannya sudah sangat cukup karena pendapatan bisa naik sampai 3 kali lipat dari hari biasa,” Sri, pedagang Telor Gulung di Pasar Gedhe saat Tahun Baru Imlek. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *