Laga Liga 1 2022/2023 Digelar Malam Hari, Begini Alasan PT LIB

Ilustrasi. (Foto: Dok PSSI)

Sukoharjonewsc.com (Jakarta) – Laga Liga 1 Indonesia 2022/2023 sebentar lagi bergulir. Rencananya, pertandingan Liga 1 nanti digelar pada malam hari untuk menghibur penonton televisi. Selain itu, juga sesuai dengan kesepakatan dengan pemegang hak siar dan rencananya pertandingan digelar di atas pukul 20.00 WIB, bahkan ada yang dimulai pukul 20.45 WIB.


“Tidak bisa dipungkiri bahwa unsur pemegang hak siar (broadcaster​​​​​​​) harus diikuti dalam menyusun jadwal. Menurut mereka, pada jam segitulah penonton sudah santai di rumah sambil menunggu istirahat,” jelas Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, dikutip dari Antara, Kamis (14/7/2022).

Terkait hal itu, Akhmad mengaku ada beberapa klub yang tidak sepakat dengan banyaknya pertandingan padamalam hari, salah satunya Persib. Untuk itu, LIB mengakomodasi permintaan tersebut, namun tidak semua dapat diwujudkan, apalagi untuk tim seperti Persib atau Persija yang memiliki daya tarik tinggi.

“Kami tidak dapat memungkiri tim-tim tertentu banyak penontonnya. Akan tetapi, ada pula klub yang ingin bermain malam. Jadi kami menggeser-geser jadwalnya agar 18 tim mendapatkan jadwal yang rata,” tutur Akhmad.

Mengenai WIB menjadi acuan jadwal, meski ada pertandingan di wilayah waktu Indonesia bagian tengah (WITA), Akhmad menyatakan bahwa pihaknya membutuhkan satu acuan waktu untuk penyusunan jadwal.

“Jadi harus ada satu standar waktu, nanti dikonversi ke waktu lokal,” katanya.

Mengenai kesepakatan jadwal dengan pemegang hak siar, Direktur Operasional LIB Sudjarno mengaku mesti menyesuaikan diri dan menyepakati kesepakatan jalan tengah. “Ada “win win solution” kami dengan broadcaster. Tak menutup nanti ada perubahan jadwal, melihat dinamika yang terjadi di lapangan,” kata Sudjarno.

Liga 1 Indonesia akan diikuti oleh 18 tim di mana tiga di antaranya yakni Persis, RANS Nusantara FC dan Dewa United berstatus tim promosi. Format liga sendiri menggunakan sistem “home and away”. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.