Kucing Bau Mulut, Waspada Kesehatannya Terganggu! Simak Penyebab Bau Mulut pada Kucing Berikut Ini

Penyebab bau mulut pada kucing. (Foto: All About Cat)

Sukoharjonews.com – Bagi Anda pecinta kucing, salah satu alasan memelihara mereka adalah karena tingkahnya yang menggemaskan dan lucu. Tidak hanya itu, kucing juga dipercaya dapat membantu menghilamgkan stress dan memperbaiki mood.


Namun, memelihara kucing juga perlu mengetahui konsekuensinya. Biaya perawatan dan makanan yang khusus untuk kesehatan kucing juga perlu diperhatikan. Salah satunya jika kucing mempunyai gejala bau mulut. Kalau kucing sudah bau mulut bahkan baunya tidak tertahankan, maka bisa jadi itu pertanda ada yang salah pada kesehatannya.

Oleh karena itu, kenali penyebab mengapa mulut kucing bisa bau, dilansir dari Fimela, Sabtu (7/1/2023) berikut ini beberapa penyebab bau mulut pada kucing:

1. Gangguan ginjal
Bau mulut pada kucing ternyata bisa jadi pertanda kalau kucingmu sedang tidak sehat. Gangguan ginjal pada kucing seringkali menyebabkan keluarnya urea atau amonia. Hal itu kemudian masuk ke pembuluh darah dan memicu munculnya bau mulut yang tidak sedap pada kucing.


2. Penyakit diabetes dan gangguan hati
Selain gangguan ginjal, bau mulut pada kucing juga bisa menunjukkan kalau kucingmu sedang terkena penyakit diabetes atau gangguan pada organ hatinya. Bau mulut kucing yang mengalami diabetes atau gangguan hati biasanya memiliki bau yang agak berbeda. Umumnya baunya manis, seperti pewarna kuku. Begitu pula dengan gangguan hati yang dapat menimbulkan bau tidak sedap pada mulut atau pernapasan si kucing.

3. Faktor usia dan riwayat penyakit
Kebanyakan kucing yang sudah tua rentan dengan masalah ini. Selain itu juga disebabkan oleh riwayat penyakit yang dideritanya bahkan sejak kecil akibat keturunan dari induknya seperti feline leukemia virus, calicivirus, dan sebagainya.


4. Nutrisi makanan tidak tepat
Bau mulut pada kucing bisa jadi juga disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi oleh si kucing sembarangan. Kucing tidak dianjurkan untuk diberikan makanan berupa daging mentah serta makanan yang sifatnya basah. Hal ini dikarenakan makanan basah tidak membutuhkan banyak kunyahan namun mudah menempel dan menyisa di dalam mulut yang kemudian menyebabkan mulut kucing jadi bau tidak sedap.


5. Penyakit gigi
Bakteri penghasil bau yang menumpuk di dalam mulut kucing bisa menimbulkan permasalahan pada gigi kucing yang pada akhirnya menyebabkan mulut kucing menjadi bau. Selain itu, air liur dan bakteri yang ada dapat membentuk plak yang akhirnya termineralisasi dan akhirnya menimbulkan karang gigi jika tidak diobati. Tanda lainnya yang dapat terlihat jika kucing mengalami penyakit gigi adalah karang gigi yang berwarna coklat pekat, ngiler, sulit untuk makan, hingga gusi meradang.

Bau mulut pada kucing mungkin terdengar remeh, tapi ternyata bisa menjadi pertanda kalau kucing Anda sedang tidak sehat. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan bau mulut pada kucing Anda. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *