KPU Ramai-Ramai Uji Kekuatan Kotak Suara “Kardus”, Ternyata Kuat Juga Ya

Kotak suara “kardus” untuk pemilu 2019 diuji kekuatannya setelah banyak mendapat sorotan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kotak suara “kardus” untuk pemilu 2019 tengah jadi polemik. Untuk meredam polemik tersebut, jajaran KPU mulai dari pusat hingga daerah ramai-ramai melakukan uji kekuatan kotak suara “kardus” tersebut. Termasuk KPU Sukoharjo yang dengan tegas mengklaim kotak suara Pemilu 2019 sangat kuas karena mampu menahan beban sampai 163 kg.

Uji kekuatan kotak suara kardus tersebut dilakukan untuk meredam polemik terkait kekuatan kotak suara tersebut. “Saat ini memang kekuatan kotak suara “kardus” tengah mendapat sorotan. Kotak suara tersebut bukan terbuat dari kardus, tapi berbahan dupleks,” terang Komisioner KPU Sukoharjo Suci Handayani, Rabu (19/12).

Dikatakan Suci, bahan dupleks tersebut merupakan bahan karton kedap air serta transparan satu sisi. Yang jelas, bahan baku kotak suara bukan kardus kebanyakan. Untuk membuktikan kekuatan kotak suara tersebut, Suci mengaku KPU Sukoharjo sudah melakukan uji coba. Kotak suara tersebut dinaiki tiga orang sekaligus dengan bobot total 163 kg dan ternyata kuat.

Menurutnya, pemilihan bahan kotak suara oleh KPU RI tidak sembarangan. Banyak pertimbangan terkait hal pemilihan bahan dupleks tersebut. Beberapa diantaranya yakni harga lebih efisien dibandingkan kotak berbahan alumunium dan kualitas juga terjamin karena tidak kalah dengan bahan dari aluminium.

“Penggunaan kotak suara berbahan dupleks bukan sekadar ingin memangkas biaya saja. Tapi, juga memperhatikan kualitasnya juga. Jadi, selain lebih efisien dari sisi biaya, kualitas juga baik,” katanya.

Susi juga mengatakan, kotak suara tersebut juga praktis dan mudah di distribusikan serta tidak membutuhkan banyak tempat karena mudah di lipat. Pertimbangan praktis, mudah didistribusikan menjadi hal penting karena tidak semua kantor KPU kabupaten/kota mempunyai gudang menyimpanan logistik yang representatif. (erlano putra)

KPU Ramai-Ramai Uji Kekuatan Kotak Suara “Kardus”, Ternyata Kuat Juga Ya
5 (100%) 2 votes

Facebook Comments

News Feed