Kodim Nonbar Film G 30 S/PKI

Ratusan warga nonton bareng (nonba) film G 30 S/PKI di lapangan tenis Kodim 0726/Sukoharjo pada Sabtu (23/9) lalu.

Sukoharjonews.com – Kodim 0726/Sukoharjo menggelar nonton bareng (nonbar) fil Gerakan 30 September/PKI atau G 30 S/PKI. Acara nonbar digelar di lapangan tenis Makodim, Sabtu (23/9). Nonbar tersebut disaksikan oleh ratusan warga sekitar Kodim.

Danramil 01/Sukoharjo Kapten Inf Wahono yang memimpin kegiatan mengatakan, selain masyarakat sekitar, nonbar fil G 30 S/PKI tersebut juga dihadiri Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Pemuda Pancasila, MTA, LDII dan Muhammadiyah. Meski dengan hanya menggunakan alas tikar, namun tidak mengurangi antusiasme warga untuk nonbar film tersebut.

“Acara nonbar ini untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Rencananya, nonbar film ini juga digelar semua jajaran Kodim hingga 25 September ini,” jelasnya.

Menurutnya, sejak dimulai kegiatan nonbar beberapa hari yang lalu dan hingga saat ini, pemutaran film sudah dilaksanakan di 38 lokasi. Secara umum, kegiatan nonbar film G 30 S/PKI dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila berlangsung tertib, aman dan terkendali.

Wahono mengaku, selama pemutaran film, antusiasme para pamong desa, perangkat RT/RW dan seluruh lapisan mayarakat sangat terasa. Terbukti tanpa publikasi yang berarti, masyarakat datang berduyun-duyun ke lokasi pemutaran film. Pemutaran film tersebut dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan bangsa, khususnya sejarah pemberontakan PKI yang sudah beberapa kali melaksanakan makar atas negara dan bangsa Indonesia.

“Harapannya, dengan ditontonnya film ini, maka rasa cinta terhadap Pancasila sebagai dasar ideologi semakin kuat karena menjadi landasan negara dalam menjalankan cita-cita luhur para pendiri bangsa dan negara ini,” tambah Wahono. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.