Kloter 1 Embarkasi Haji Solo Berasal dari Kabupaten Pati, Berangkat Sabtu Dini Hari

Koper milik jemaah haji berdatangan di Asrama Haji Donohudan Boyolali. (Foto: Pemkab Boyolali)

Sukoharjonews.com (Boyolali) – Kelompok terbang (kloter) haji 1 dan 2 yang akan berangkat dari Embarkasi Haji Solo sudah tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali. Kloter 1 dan 2 berasal dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Rencananya, kloter 1 akan dilepas oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Jumat (3/6/2022) malam ini pukul 21.00 WIB.


Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Syarul Samsudin, menyampaikan, sebelum jemaah, koper para jemaah sebelumnya sudah tiba di di AHD pada Kamis (2/6/2022). Koper calhaj kloter 1 dimasukkan ke tempat penyimpanan dan kemudian dilakukan pengecekan sterilisasi oleh petugas melalui alat X-Ray sebelum diterbangkan bersama jamaah ke Tanah Suci.

“Untuk kloter 1 ada 352 koper kloter 2 sebanyak 334 koper. Untuk kloter 1 dari Pati dan kloter 2 gabungan Pati dan Jepara,” ujar Sarip, dikutip dari laman Pemkab Boyolali, Jumat (3/6/2022).

Sarip mengatakan rombongan kloter pertama asal Pati dijadwalkan tiba di AHD Jumat (3/6/2022) pagi. Rombongan jemaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir di AHD.

“Rombongan calhaj kloter pertama itu nantinya ada prosesi serah terima dari petugas PPIH daerah kepada PPIH Embarkasi Solo, kemudian ada pengarahan kesehatan dan cek kesehatan terakhir sebelum istirahat di Gedung Mekah,” kata Sarip.

Sebelum diberangkatkan, calhaj akan diberikan living cost masing-masing sebesar 1.500 riyal. Jemaah juga dibagikan gelang identitas untuk mempermudah pengawasan petugas pendamping kloter.

Rombongan calhaj setelah dilakukan sterilisasi kemudian menuju Gedung Muzdalifah sebelum diberangkatkan menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali dengan bus dan langsung masuk pesawat terbang. Rombongan calhaj kloter 1 diberangkatkan ke Tanah Suci, Sabtu (4/6/2022), pukul 00.30 WIB.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo pada penyelenggaraan ibadah haji 2022, akan memberangkatkan calhaj asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali. Sebanyak 15.305 calhaj yang terbagi 43 kloter. Provinsi Jateng 13.868 calhaj terbagi 39 kloter dan DIY 1.437 calhaj yang terbagi menjadi empat kloter.

Pada penyelenggaraan haji tahun ini, akan terbagi dua gelombang. Gelombang pertama calhaj kloter 1-21 yang akan mendarat di Madinah Arab Saudi. Sedangkan, gelombang kedua Kloter 22-43 akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jedah. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.