KKN di Kabupaten Grobogan, Mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo Revitalisasi Perpustakaan SDN 1 Jambangan

Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo saat melakukan revitalisasi perpustakaan SDN 1 Jambangan, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

Sukoharjonews.com (Grobogan) – Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Terdapat 12 mahasiswa yang mengikuti KKKN di desa tersebut.


Koordinator Kelompok Mahasiswa KKN Desa Jambangan, Rahman, menyampaikan bahwa mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Jambangan terdiri dari 12 mahasiswa dari Prgram Studi PGSD, Matematika, PPKN, dan Teknologi Pendidikan.

“Salah satu kegiatan KKN kami adalah melakukan revitalisasi perpustakaan di SDN 1 Desa Jambangan,” ujarnya dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.conm, Senin (27/2/2023).

Dikataan Rahman, revitalisasi perpustakaan di SDN 1 Desa Jambangan tersebut dalam upaya untuk menggelorakan kembali semangat literasi berkelanjutan warga sekolah untuk membantu terwujudnya pendidikan berkemajuan dan mencerahkan.

“Kami menyadari betul, bahwa penting sekali menciptakan kenyamanan lingkungan belajar untuk menumbuhkan minat baca terhadap buku. Menjadi salah satu faktor yang lebih utama daripada jumlah ragam buku yang ada dalam perpustakaan,” ujarnya.


Menurutnya, revitalisasi dilakukan setiap jam 09.00 sampai jam 11.00 diawali dengan membersihkan kondisi perpustakaan, pemilahan buku layak pakai, restorasi buku yang masih bisa diperbaiki, pengadaan tempat baca yang nyaman, dan pelaksanaan dekorasi ruang supaya lebih menyenangkan. Tak hanya itu, dari mahasiswa juga membuat majalah dinding (mading) dan mengajak murid-murid untuk memamerkan karya tulis terbaiknya di Mading.

Dari pihak sekolah sendiri memberikan apresiasi dan berterima kasih atas kontribusi dari mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo. Hal itu karena mahasiswa telah membantu sekolah untuk meningkatkan minat baca di Desa Jambangan, terkhusus di SDN 1 Jambangan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *