Kereta Bertenaga Hidrogen Tercepat di Dunia Diluncurkan di China

Kereta bertenaga hidrogen China. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – China telah meluncurkan kereta hidrogen/superkapasitor baru yang mampu mencapai kecepatan 100 mph (160 km/jam), menjadikannya kereta bertenaga hidrogen tercepat hingga saat ini. Kereta yang dikembangkan bersama oleh raksasa industri milik negara CRRC (produsen kendaraan rel terbesar di dunia) dan Chengdu Rail Transit adalah kereta penumpang kereta bertenaga hidrogen pertama di China.


Dilansir dari Gizmochina, Rabu (25/1/2023), kereta menawarkan jangkauan 373 mil (600 kilometer) dan hanya memancarkan air, menjadikannya kereta tanpa emisi.

Salah satu fitur utama kereta ini adalah kemampuannya mengemudi secara otonom, yang dimungkinkan oleh teknologi komunikasi 5G. Kereta juga memiliki kemampuan untuk bangun, mulai, berhenti dan kembali ke pabrik secara otomatis.

Sementara Jerman saat ini memimpin dalam kereta hidrogen, dengan 14 dalam pelayanan, kereta CRRC mampu mengalahkan kereta api Jerman dengan kecepatan sekitar 20 km/jam (12 mph). Namun, kereta api Jerman saat ini memiliki jangkauan yang jauh lebih jauh sekitar 620 mil (1.000 km).


Perlu dicatat bahwa sementara Jepang dan Korea Selatan telah menjadi negara yang paling vokal mempromosikan hidrogen hijau sebagai solusi transportasi, China saat ini memimpin dalam hal penyebaran stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang sebenarnya. Menurut statistik Tren Informasi, hanya ada lebih dari 1.000 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di dunia, sekitar sepertiganya berada di China.

Langkah China ini signifikan karena negara yang mengontrol sebagian besar rantai pasokan baterai lithium, sekarang diam-diam mengembangkan hidrogen dengan kecepatan tinggi. Mendorong revolusi listrik tampaknya masuk akal karena krisis litium mengancam harga yang melambung tinggi dan menggagalkannya Alternatif hidrogen lebih awal. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *