Kenali Makanan Penyebab Jerawat dan Makanan Penyembuh Jerawat

Makanan penyebab dan penyembuh jerawat. (Foto: Popmama)

Sukoharjonews.com – Munculnya jerawat, pasti merupakan hal yang menjengkelkan. Apalagi jika jerawat yang muncul di wajah. Tahukah kalian jika munculnya jerawat juga bisa disebabkan karena pola makan yang sembarangan loh. Namun, tidak semua makanan dapat menyebabkan jerawat. Ada juga makanan yang justru membantu menyembuhkan jerawat.


Nah supaya kalian lebih tau apa saja makanan makanan yang dapat menyebabkan jerawat, dan makanan apa saja yang dapat membantu menyembuhkan jerawat, yuk simak ulasan berikut ini. Mengutip dari Youtube Channel dr Richard Lee, Sabtu (26/11/2022) berikut makanan penyebab jerawat dan makanan penyembuh jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat:

1. Makanan dengan High Glycemic Index
Makanan High Glycjc Index adalah makanan yang kaya akan gula. Index Glikemik (IG) merupakan ukuran yang digunakan untuk mengindikasi seberapa cepat karbohidrat dalam makanan tertentu dan diubah menjadi gula. Contohnya minuman kekinian, seperti boba, minuman kaleng, milkshake.

2. Produk susu
Produk susu sapi, yogurt, keju, ice cream. Bagi kalian yang mempunyai hobby memakan ice cream, baiknya kalian kurangi. Karena ice cream mengandung susu yang kaya akan asam amino sehingga hormon androgen, mengakibatkan kelenjar sebum meningkat dapat menjadikan wajah berminyak sehingga menyebabkan jerawat. Termasuk juga produk susu untuk gym.

3. Junk food
Meskipun makanan junk food banyak digemari karena enak, namun kalian harus berhati – hati karena terlalu sering mengonsumsi junk food menyebabkan timbulnya jerawat. Karena makanan junk food dapat menghancurkan oksidan dalam tubuh kita atau biasa kita sebut radikal bebas. Contohnya kentang goreng, hot dog, pizza.


Makanan Penyembuh jerawat:

1. Makanan yang mengandung omega 3
Makanan yang mengandung omega 3 terbukti sebagai anti inflamasi dalam tubuh kita sehingga dia akan meredakan jerawat dan mengurangi kerja sebum. Makanan yang kaya omega3 antara lain kacang mete, kacang almond. Menurut penelitian, kacang dapat menurunkan inflamasi di jerawat. Sebenarnya, orang yang mengonsumsi kacang namun tetap timbul jerawat, itu adalah karena alergi. Protein dalam kacang tidak dikenali oleh tubuh sebagai zat yang aman dan oleh karena itu membangun ketahanan terhadapnya.

2. Makanan yang kaya akan probiotik
Probiotik menaikkan mikroorganisme baik dalam tubuh kalian dan membunuh mikroorganisme jahat dalam tubuh.

3. Greentea
Greentea merupakan anti inflamasi dan dapat menurunkan sebum. Sehingga wajah tidak terlalu berminyak.
4. Semua sayur – sayuran dan buah – buahan
Karena sayur dan buah kaya akan anti oksidan, vitamin C, omega3. Nah semua itu bagus untuk tubuh kita. Mengonsumsi makan – makanan yang sehat dapat membawa dampak bagi tubuh, sehingga jerawat tidak akan timbul. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *