Keinginan Petani Kandas, Penutupan Dam Colo 11 Oktober, Mundur 10 Hari

Saluran irigasi Dam Colo Timur rencananya akan ditutup pada 11 Oktober mendatang.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Permohonan petani pengguna air Dam Colo agar tidak dilakukan penutupan Dam Colo tahun ini kandas. Rencananya, Dam Colo akan ditutup pada 11 Oktober mendatang atau mundur 10 hari dari jadwal sebelumnya pada 1 Oktober. Terkait rencana penutupan tersebut, petani diminta untuk mempersiapkan diri mencari sumber air alternatif.




“Sudah ada rapat dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo atau BBWSBS jika penutupan Dam Colo mundur 10 hari dari rencana 1 Oktober,” jelas Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Bagas Windaryatno, Senin (20/9/2021).

Lebih lanjut Bagas mengatakan, dengan diundur 10 hari, maka penutupan Dam Colo akan dilakukan pada 11 Oktober. Mundurnya penutupan tersebut diharapkan tidak akan mengganggu pertanian di wilayah Sukoharjo khususnya yang selama ini mendapat irigasi dari Dam Colo. Bagas berharap dengan penutupan Dam Colo tidak sampai membuat tanaman padi petani puso.

Terpisah, Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, mengatakan sepanjang cuaca saat ini tidak terjadi perubahan, penundaan penutupan itu tidak masalah. Tetapi, kalau ada perubahan cuaca, ceritanya bisa lain karena ribuan hektar lahan selama ini bergantung pada air Dam Colo.

Jigong mengatakan, sebelumnya P3A minta pada BBWSBS agar tahun ini Dam Colo tidak ditutup jika air di Waduk Gajah Mungkur masih ada air. “Kalau masih ada air, mending tetap dialirkan ke Dam Colo daripada dibuang ke Sungai Bengawan Solo,” kata Jigong yang juga Kepala Desa (Kades) Pranan, Kecamatan Polokarto tersebut.

Menurut Jigong, pembuangan air ke Bengawan Solo tidak ada urgensinya karena daripada dibuang lebih baik tetap dialirkan ke saluran irigasi Dam Colo. “Itu permintaan petani, tapi nyatanya Dam Colo tetap ditutup meski mundur 10 hari,” tambahnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed