Ragam  

Kebakaran Landa Rumah Padat Penduduk, Masyarakat Dimbau Waspada

Petugas tengah melakukan penyelidikan di rumah yang terbakar di Dukuh Gayungan RT 4/4, Makamhaji, Kartasura, Senin (27/8).

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Kebakaran kembali terjadi di Sukoharjo. Kali ini, kebakaran melanda rumah yang berada di kawasan padat penduduk di Dukuh Gayungan RT 4/4, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Senin (27/8) pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Meski tidak ada korban jiwa, masyarakat tetap diminta untuk selalu waspada dan hati-hati. Kebakaran itu sendiri diperkirakan mengakibatkan kerugian hingga Rp7 juta.



“Kejadiannya sangat cepat. Kemungkinan karena korsleting speaker aktif yang saya nyalakan,” ujar pemilik rumah Muhammad Arif, 47.

Dia mengatakan, setelah dirinya menyalakan DVD player termasuk speaker aktif, dia lantas pergi keluar rumah sebentar. Saat dia tinggal itulah diduga terjadi korsleting dan api menyambar benda-benda yang ada di dekatnya. Seperti buku sekolah anaknya dan cat pilox berisi gas. Api akhirnya membesar dan membakar sebagian rumahnya.

Saat muncul api, tetangga yang mengetahui langsung keluar dan melakukan pemadaman manual. Dirinya yang tengah keluar juga dihubungi oleh tetangga. Setelah itu, kejadian juga dilaporkan ke Pemadam Kebakaran dan Polsek Kartasura. Namun, karena susahnya akses masuk ke lokasi kebakaran, petugas kesulitan melakukan pemadaman meski akhirnya api bisa dipadamkan petugas dan warga.

Salah satu tetangga korban, Abdul Hakam Faruq mengatakan, kejadian tersebut membuat kaget warga. Sebab ada bunyi ledakan dari rumah korban. Ternyata, ledakan itu berasal dari pilox yang meledak. Tetangga sempat khawatir kebakaran tersebut akan merembet ke rumah lainnya. Pasalnya, rumah yang terbakar berdempetan dengan rumah lainnya.

“Begitu ada laporan, kami langsung menerjunkan mobil pemadam ke lokasi dan api berhasil dipadamkan. Kami imbau warga untuk selalu waspada dan berhati-hati,” ujar Kepala Bidang Damkar Satpol PP Sukoharjo Margono. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments