Ragam  

Kebakaran Landa Pabrik Mebel Rotan di Gatalk, Api Berasal dari Percikan Las

Kebakaran di pabril mebel rotan di Desa Gawok, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Kamis (5/1/2023).

Sukoharjonews.com (Gatak) – Kebakaran melanda pabrik rotan di Desa Gawok, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Kamis (5/1/2023) sekitar pukul 10.30 WIB. Meski tidak membakar seluruh pabrik, kebakaran tersebut menyebabkan kerugian puluhan juta rupiah.


Kebakaran yang melanda pabrik rotan tersebut akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.00 WIB. Pemadaman dilakukan oleh tujuh unit mobil pemadam kebakaran Sukoharjo dan dari daerah lain yang datang membantu.

Pabrik mebel rotan tersebut milik Syukur Al Hayat. Menurutnya, kebakaran tersebut dipicu oleh percikan api las yang kemudian menyambar busa yang ada dalam ruangan. Karena banyak bahan yang mudah terbakar seperti busa, api dengan cepat membesar.

“Setahu saya dari percikan api las yang mengenai busa sehingga terjadi kebakaran,” ujar Syukur.


Syukur mengaku ruangan yang terbakar merupakan ruangan untuk produksi jok kursi rotan sehingga banyak busa yang mudah terbakar. Ruangan sendiri masih dalam tahap perluasan.

Menurutnya, barang-barang yang terbakar antara lain mebel rotan yang akan dikirim ke Erop dan Amerika. Meski tidak banyak mebel yang terbakar, kerugian diperkirakan mencapai Rp40 jutaan.

Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono, mengatakan proses pemadaman berhasil dalam waktu 1,5 jam dan api tidak menjalar ke ruangan yang lain.

“Tadi mengerahkan tujuh mobil pemadam dari Sukoharjo, Solo dan daerah lain yang datang memberikan bantuan,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *